• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 27 Februari 2024

Indramayu

Apresiasi Pembangunan Gedung Dakwah NU, Camat Anjatan: Semoga Jadi Spirit Religius Nahdliyin

Apresiasi Pembangunan Gedung Dakwah NU, Camat Anjatan: Semoga Jadi Spirit Religius Nahdliyin
Apresiasi Pembangunan Gedung Dakwah NU, Camat Anjatan: Semoga Jadi Spirit Religius Nahdliyin. (Foto: Duljani).
Apresiasi Pembangunan Gedung Dakwah NU, Camat Anjatan: Semoga Jadi Spirit Religius Nahdliyin. (Foto: Duljani).

Indramayu, NU Online Jabar
Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Kecamatan Anjatan membangun Gedung Dakwah NU yang tepatnya berlokasi di wilayah Desa Lempuyang. Peletakan batu pertama digelar pada Rabu (1/6) oleh Camat Anjatan yakni Rory Firmansyah menandai dimulainya proses pembangunan gedung tersebut.


Kegiatan peletakan batu pertama itu juga bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila pada tangga 1 Juni 2022.


Dalam sambutannya, Rory Firmansyah turut menyampaikan apresiasinya agar hadirnya Gedung Dakwah NU Anjatan nanti bisa meningkatkan peran warga Nahdliyin setempat.


“(Semoga) pembangunan Gedung Dakwah NU ini menjadi spirit dalam meningkatkan peran dan andil dalam aspek religius warga Nahdliyin di Kecamatan Anjatan (untuk) mendukung terwujudnya visi Indramayu Bermartabat,” ujarnya.


Ia juga mendukung pembangunan Gedung Dakwah NU tersebut dengan harapan gedung itu bisa digunakan sebagai kantor sekaligus wadah diskusi keagamaan. Rory juga menambahkan, diharapkan pula gedung itu bisa menjadi sarana dakwah untuk menanamkan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua MWCNU Anjatan, Kiai Rozim M Nur, melalui Sekretarisnya Khozinul Asror, menyebut target pembangunan gedung itu selambat-lambatnya akan berjalan selama 6 bulan.


“Nahdlatul Ulama adalah sebuah perkumpulan terbesar sedunia, maka kami sebagai Majelis Wakil Cabang Kecamatan Anjatan, Indramayu, berusaha memantaskan kebesaran NU dengan cara membangun rumah warga Nahdliyin di tingkat kecamatan,” ujarnya saat ditanya mengenai tujuan pembangunannya.


Khozinul Asror berharap hadirnya gedung tersebut bisa menjadi penyemangat seluruh kader NU se-kecamatan Anjatan.


“Tentu akan digunakan sebagai tempat koordinasi dan diskusi-diskusi ilmiah, dan juga di dalamnya akan difasilitasi ruang studio sebagai tempat dakwah digital NU,” ujarnya.


Untuk diketahui, kegiatan pembangunan tersebut merupakan hasil kerja sama KBNU Anjatan yakni Majelis Wakil Cabang (MWC), Muslimat, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Ikatan Pelajar NU (IPNU), Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU), dan lembaga NU lainnya. Dukungan juga datang dari Pemerintah Desa Lempuyang yang kini dipimpin oleh Kuwu Taryo.


Adapun sumber dananya berasal dari swadaya, sedekah, hingga infaq warga Nahdliyin. Tak lupa sejumlah donatur juga turut berpartisipasi di dalamnya. Rencananya pembangunannya akan dimulai dengan terlebih dahulu membuat jembatan.


Selain oleh Pemerintah Desa Lempuyang, kegiatan itu juga dihadiri Ketua MWCNU Anjatan, Kiai Rosim M Nur, yang juga bertindak memimpin doa bersama.


Pewarta: Ari AJ
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Indramayu Terbaru