• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Daerah

LBMNU Cianjur Adakan Kegiatan dengan Cara Udunan, Mulai Makanan hingga Uang

LBMNU Cianjur Adakan Kegiatan dengan Cara Udunan, Mulai Makanan hingga Uang
Suasana kegiatan LBMNU Cianjur (Foto: NU Online Jabar/Wandi)
Suasana kegiatan LBMNU Cianjur (Foto: NU Online Jabar/Wandi)

Cianjur, NU Online Jabar
Ada yang unik dan menarik dalam setiap kegiatan Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Kabupaten Cianjur yaitu udunan (iuran) anggota, pengurus dan tuan rumah dengan makanan dan minuman seperti kopi, teh, opak, rengginang, kicimpring, kue ali, pisang dan lain-lain, hingga uang. 

Misalnya hal itu terjadi pada bahtsul masail yang berlangsung di Pondok Pesantren Al-Barokah Kampung Parasu Desa Cijagang Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur, Rabu, (31/3/2021).

Ketua Lembaga BM NU Kabupaten Cianjur Ajengan Ibnu Umar menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dan sumbangsih anggota, pengurus dan tuan rumah yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk kegiatan ini.

"Saya mengajak semua untuk mau udunan menuju kemandirian Nahdlatul Ulama. Ini adalah sebagai langkah meneguhkan kemandirian kita sebagai anggota dan pengurus LBMNU," jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan Sekretaris LBM NU Kabupaten Cianjur Ajengan Ahmad Baehaqi, ia merasa bangga dan mencatat hampir setiap kegiatan LBM selalu diadakan rereongan (udunan) yang dilakukan oleh anggota, pengurus dan tuan rumah sehingga semua bisa saling berbagi.

Selanjutnya, Humas LBM NU Kabupaten Cianjur Ajengan Asep Hamdun mengungkapkan bahwa ini harus menjadi momentum kebangkitan Nahdlatul Ulama. Kebangkitan tersebut bukan hanya syiar ke-NU-an saja tetapi bagaimana bangkit secara ekonomi dan kesadaran berorganisasi dalam jamiyyah Nahdlatul Ulama.

“Dengan semboyan panjang umur kemanusiaan, saya mengajak kepada warga NU untuk memperkokoh cinta NU dan cinta tanah air dengan mandiri secara ekonomi dengan udunan,” kata Ajengan Asep Hamdun.

Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Abdullah Alawi 

 


Daerah Terbaru