• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 29 Maret 2024

Hikmah

Isra' Mi'raj dan Sanad Keilmuan

Isra' Mi'raj dan Sanad Keilmuan
Diantara cara menyambungkan sanad keilmuan adalah sowan kiai. Gus Aun saat sowan ke Gus Mus (NU Online Jabar/Foto: FB Muhammad Aun)
Diantara cara menyambungkan sanad keilmuan adalah sowan kiai. Gus Aun saat sowan ke Gus Mus (NU Online Jabar/Foto: FB Muhammad Aun)

Oleh: Aunullah A'la Habib

Salah satu pelajaran penting dari peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw yang bisa kita ambil manfaat adalah tentang pentingnya sebuah sanad atau mata rantai keilmuan yang harus terus menerus tersambung. 

Nabi Muhammad Saw dalam menjalani Isra’, selain menjalani proses ritual, juga menjalani proses pengasahan intelektualitas. Beliau berjumpa dan berdiskusi dengan Nabi Ibrahim, Nabi Musa dan Nabi-nabi yang lain, sehingga apa yang dilakukan Nabi Muhammad Saw itu jalannya sama dengan Nabi-nabi pendahulunya. 

Tradisi pertemuan secara langsung ini biasa kita kenal dengan dalam dunia pesantren dengan istilah tradisi sanad. Apabila sanad tidak bersambung, maka nanti akan terjadi penyimpangan yang bisa merusak. Oleh karena itu, setiap Nabi harus punya jalur atau karakter yang sama dengan Nabi-nabi yang lain dengan cara bertemu secara langsung.

Dalam pendidikan intelektual Nabi Muhammad Saw saat Isra’, selain bertemu para Nabi terdahulu, juga dikenalkan karakter-karakter Nabi tersebut. Begitu juga di dalam al-Qur’an diceritakan kisah-kisah Nabi yang diutus sebelum Nabi Muhammad Saw. Dengan menceritakan itu, akan menjadikan kebijakan dan pola pikir Nabi Muhammad Saw selaras dengan yang dilakukan oleh Nabi-nabi terdahulu. 

Telah menjadi pengetahuan kita bersama bahwa sumber utama Ilmu dalam Islam adalah: al-Qur’an dan al-Hadis. Al-Qur’an sudah dijamin oleh Allah tentang kebenaran dan keterjagaannya. Allah SWT berkalam dalam surat al-Hijr ayat 9 yang berbunyi, “Inna nahnu nazzalna dzirko wa inna lahu lahaafidzun,” yang artinya “sesungguhnya Kami telah menurunkan al-Dzikru (nama lain al-Qur’an) dan Kamilah pemelihara-pemeliharanya”. Sedangkan al-Hadis juga sudah di teliti dan melalui seleksi yang ketat. Artinya sumber normatif ajaran Islam selalu ada dan dapat diakses oleh kaum Muslimin. 

Namun masalahnya, apakah setiap individu Muslim mampu melakukan istinbath (pengambilan) hukum dan pemahaman dari kedua sumber tersebut? Tentu tidak. Maka di sinilah perlunya kita mengenal dengan istilah sanad, atau mata rantai dalam sebuah keilmuan, yang terus menerus bersambung sampai kepada para Sahabat dan Rosulullah Saw.

Ibnu al-Mubarok, sebagaimana dikutip oleh Imam Muslim mengatakan bahwa “al Isnadu minaddin, lau laa al isnadu laqoola man sya’a wa ma sya’a,” artinya, “Isnad adalah urusan agama. Kalau urusan isnad tidak diperhatikan, maka setiap orang bisa bicara apa saja sekehendak hatinya”. 

Oleh karena itu dalam Islam tidak hanya disuruh memperhatikan sanad dalam urusan validitas/kebenaran riwayat teks atau matan sebuah hadis. Makna dan pemahaman yang terkandung dalam ayat-ayat al-Qur’an dan hadis nabawi juga harus didapatkan dari para guru dengan sanad (rantai) yang muttashil (terus bersambung). 

Bahkan Syeikh Abu Yazid pernah berkata, ”man laisa lahu syaikh fasyaikhu syaithan,” artinya, “barang siapa yang tidak mempunyai guru, maka guru nya adalah setan”. Nashiru al-Din al-Asad, dalam kitabnya Mashadiru al-Syi'ri aL-Jahily, ketika membahas mengenai isnad atau jalur transmisi keilmuan, mengatakan bahwa “Para ulama salaf menganggap dha'if atau lemah keilmuan seseorang yang hanya mengambil ilmu dari teks yang ada pada lembaran-lembaran tertulis tanpa merujuknya kepada para ulama”. Orang-orang yang demikian ini dijuluki dengan sebutan shahafiy atau para literalis, yang karena tidak mengambil ilmu dari para ulama, akhirnya rawan melenceng pemahamannya.

Etika para ulama dalam mengambil ilmu agama kepada para guru mereka (ulama) itu sesuai dengan hadis Nabi Saw riwayat Abu Daud, yang menyatakan bahwa “para ulama adalah pewaris para Nabi”. Ini berarti bahwa ilmu agama harus diambil melalui para ulama, bukan sekedar diambil dari catatan teks. Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi Saw menerangkan bahwa “Allah mengambil ilmu dari manusia bersama meninggalnya Ulama.”

Imam Bukhari juga meriwayatkan hadis Nabi Saw mengenai orang-orang yang tidak mau mengambil ilmu agama dari para ulama, sehingga ketika para ulama sudah meninggal, mereka mengangkat orang bodoh menjadi pemuka agama, selanjutnya si pemuka agama yang bodoh itu tersesat, dan menyesatkan orang lain.

Atas dasar pentingnya sebuah sanad, bahkan para sahabat-pun selalu mengambil ilmu kepada ulama diantara mereka. Muhammad Siddiq Khan, dalam kitab Al-Aqlid, menukil pernyataan dari kalangan al-salaf al-salih yang menyatakan bahwa  “Sesungguhnya orang-orang yang kurang pandai dari kalangan sahabat dan tabi'in, mereka tidak berani menafsirkan al-Qur’an dan hadis tanpa merujuk dan berkonsultasi kepada para ahli ilmu di antara mereka. Ini adalah keterangan yang mutawatir dari mereka.” Sahabat Umar R.A contohnya, meskipun beliau adalah salah satu ulamanya golongan sahabat, tapi beliau tidak segan untuk bertanya kepada seseorang yang lebih ‘alim dalam hal-hal tertentu. Begitu juga generasi berikutnya, seperti Imam Syafi’i dan Imam Bukhari. 

Salah satu ulama kita, Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari pernah berkata berkaitan dengan pentingnya sebuah sanad. Beliau berkata: “Sesungguhnya umat Islam telah sepakat dan serujuk bahwasanya agar untuk dapat memahami, mengetahui dan mengamalkan syari’at agama Islam dengan benar, harus mengikuti orang-orang yang terdahulu.

Para Tabi’in di dalam menjalankan syari’at mengikuti atau berpegang kepada amaliah para sahabat Rosulullah. Sebagaimana generasi setelah tabi’in mengikuti para tabi’in, maka setiap generasi selalu mengikuti generasi yang sebelumnya. Akal yang waras menunjukkan kebaikan sistem yang demikian ini. Karena syari’at Islam tidak dapat diketahui kecuali dengan jalan memindahkan dari orang yang terdahulu dan diambil pelajaran, ketentuan atau patokan dari orang-orang yang terdahulu itu”.

Wallahua'lam.

Aunullah A'la Habib, pengasuh Pondok Pesantren al Huda Doglo Boyolali, Pengurus Pimpinan Pusat dan Instruktur Nasional Gerakan Pemuda Ansor.


Editor:

Hikmah Terbaru