• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

Setelah Resmi Dilantik, LKNU  Indramayu Siap Gelar Pengobatan dan Khitanan Gratis Tiap Jumat

Setelah Resmi Dilantik, LKNU  Indramayu Siap Gelar Pengobatan dan Khitanan Gratis Tiap Jumat
Pelantikan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Indramayu (foto: NU Online Jabar/Iing Rohimin)
Pelantikan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Indramayu (foto: NU Online Jabar/Iing Rohimin)

Indramayu, NU Online Jabar
Pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Indramayu, Selasa (20/10) dilantik secara resmi oleh Ketua PCNU Indramayu di kantor PCNU Jalan Gatot Subroto No/09 Indramayu. Hadir dalam pelantikan tersebut seluruh pengurus LKNU, PCNU, MWCNU, lembaga, banom, perwakilan pemerintah dan perwakilan beberapa rumah sakit yang ada di Indramayu.

Prosesi pelantikan meskipun digelar secara sederhana karena masih dalam Pandemi Covid-19, tetapi berjalan dengan khidmat dan seluruh pengurus LKNU mengucapkan baiat yang dipandu oleh Ketua PCNU Indramayu, KH Juhadi Muhammad serta mengucapkan janji setia sesuai dengan kode etik bidang kesehatan.

Ketua LKNU Indramayu, H Saidi dalam sambutannya bertekad dalam waktu dekat program utama yang akan dilaksanakan adalah pengobatan dan khitan gratis setiap Jumat di kantor PCNU Indramayu. 

”Pengobatan gratis itu berupa ruqyah dan bekam, sedangkan khitanan gratis untuk warga miskin dan anak yatim juga untuk Nahdliyin yang ada di Indramayu, hal ini adalah komitmen kami untuk menunjukkan kepedulian LKNU pada masyarakat,” ungkap H Saidi.

Ditambahkan oleh Ketua LKNU Indramayu, program lainnya yang akan segera dijalankan adalah sebagaimana program yang diamanatkan oleh PCNU agar LKNU menjalankan program PCNU dalam bidang kesehatan, apalagi saat ini Kabupaten Indramayu masih menghadapi berbagai masalah kesehatan terutama Covid-19, TBC, malaria, HIV/Aids, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di pesantren serta  masyarakat.

”Segala program tersebut akan segera kami jalankan, terutama ada PR besar yang harus segera diwujudkan yakni pembangunan RSNU karena saat ini PCNU telah membebaskan tanah seluas 800 M dan harapannya bisa segera kita mulai pembangunan rumah sakit yang menjadi cita-cita besar PCNU Indramayu tersebut,” ujar Ketua LKNU Indramayu.

Ketua LKNU Indramayu menegaskan, lembaganya mengusung visi terwujudnya suatu tatanan masyarakat Indramayu yang sehat jasmani, rohani dan sosial serta berkemampuan untuk memelihara dan menanggulangi kesehatannya secara optimal.

”Misi yang kami usung yang pertama adalah mengupayakan memberikan pelayanan kesehatan bagi Nahdliyin dan masyarakat umumnya yang mencakup upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif melalui pendirian fasilitas kesehatan yang bermutu dan terjangkau bagi masyarakat; kedua,  mengupayakan pemberdayaan masyarakat agar mengenali resiko kesehatan yang mengancam dan mempunyai kemampuan untuk menanggulanginya serta mempraktekkan PHBS. Dan misi yang ketiga adalah menjadi mitra bagi institusi terkait dalam pemberianb pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tegas H Saidi.

Sementara, Ketua PCNU Indramayu, KH Juhadi Muhammad dalam sambutannya sangat mengapresiasi program-program yang akan segera dilaksanakan oleh LKNU, dirinya juga berharap agar seluruh pengurus LKNU bisa bekerja sama dengan lembaga dan banom yang ada di PCNU terutama dengan LAZISNU karena sangat berkaitan erat dalam hal pelayanan kesehatan pada masyarakat.

”Program besar yang harus segera dijalankan oleh LKNU adalah pendirian RSNU karena keberadaan fasilitas kesehatan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi rasio penduduk di Indramayu dengan fasilitas kesehatan yang ada masih belum berimbang, maka dengan kekompakan, kerja keras dan niat yang ikhlas untuk berkhidmah kepada Nahdlatul Ulama maka segala program tersebut dapat segera terlaksana,” kata Ketua PCNU Indramayu.

Setelah prosesi pelantikan, para pengurus LKNU Indramayu langsung menggelar Rapat Kerja untuk membahas berbagai rencana program yang telah dicanangkan serta mewujudkan visi dan misi LKNU yang telah ditetapkan.

Pewarta: Iing Rohimin
Editor: Abdullah Alawi 

 


Daerah Terbaru