Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

LP Maarif NU Kabupaten Cirebon Kenalkan metode baru menghitung cepat Stenomatik

LP Maarif NU Kabupaten Cirebon Kenalkan metode baru menghitung cepat Stenomatik
Workshop Metode Stenomat LP Maarif NU Cirebon (Dok. LP Maarif)
Workshop Metode Stenomat LP Maarif NU Cirebon (Dok. LP Maarif)

LP Maarif NU Kabupaten Cirebon Kenalkan metode baru menghitung cepat Stenomatik

Cirebon, NU Online Jabar

Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PCNU Kabupaten Cirebon menggelar Workshop Metode Menghitung Cepat Stenomat di IAI BBC, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (29/10/2020).

Kegiatan yang digelar dalam rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) 2020 itu diikuti puluhan guru SD dan MI dari Kabupaten Cirebon.

Ketua LP Ma’arif PCNU Kabupaten Cirebon, M. F. Fahrurozi, mengatakan, workshop tersebut untuk meningkatkan skil guru dalam mengajar. Menurut dia, stenomat merupakan metode perhitungan aritmatika yang mudah dan cepat tanpa menggunakan alat bantu.

“Metode ini sangat bermanfaat untuk digunakan guru dalam mengajar, karena lebih mudah dipahami siswa,” kata M. F. Fahrurozi saat ditemui usai kegiatan.

Ia menambahkan bahwa Stenomat adalah karya kader NU Cirebon, Nanang Anwarudin, yang sudah memiliki hak cipta,. Kita turut bangga dan berkewajiban untuk ikut memperkenalkan metode ini kepada masyarakat luas.

Selain itu, metode stenomatik juga bisa menjadi media agar anak didik tidak takut untuk belajar matematika khususnya anak didik dari SD maupun MI.

Dalam workshop yang disampaikan langsung pencipta stenomatik sejumlah siswa mendemonstrasikan kemampuan menghitung cepat menggunakan metode stenomat.

Mereka tampak diberikan sejumlah soal secara acak dan diminta menyelesaikannya tanpa menggunakan alat bantu.

Sementara pihak panitia turut mengerjakan soal tersebut menggunakan alat hitung dan mencocokkan hasilnya. Ternyata jawaban para siswa tersebut sama seperti hasil menggunakan alat bantu, bahkan lebih cepat.

Sekretaris LP Ma’arif PCNU Kabupaten Cirebon, Wahyono, mengatakan workshop stenomatik kali ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya dilaksanakan jajarannya.

Menurut dia, workshop stenomatik bakal digelar secara berkala di wilayah Kabupaten Cirebon dan sekitarnya. 

“Insya Allah ke depan stenomat siap untuk bersaing dengan metode yang sudah eksis sebelumnya seperti sampoa dan kumon untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat,” bebernya.

Workshop Metode Hitung Cepat Stenomat juga diisi pemateri dari Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Ma’arif PCNU Kabupaten Cirebon yang sudah mempunyai sertifikasi khusus.

“Mudah-mudahan workshop ini memberi manfaat bagi dunia pendidikan, dan para guru juga bisa mengimplementasikannya dalam pembelajaran, sehingga peserta didik merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Pewarta : Wahyono
Editor  : Muhyiddin

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×