• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Subang

Cara PMII Subang Respon Pembangunan Pelabuhan Internasional di Patimban

Cara PMII Subang Respon Pembangunan Pelabuhan Internasional di Patimban
Cara PMII Subang Respon Pembangunan Pelabuhan Internasional di Patimban
Cara PMII Subang Respon Pembangunan Pelabuhan Internasional di Patimban

Subang, NU Online Jabar
Sejumlah kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Subang melakukan kegiatan bakti sosial membersihkan sampah dan konsolidasi aksi di Pantai Patimban, Senin (30/1). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka bakti sosial peduli lingkungan dan konsolidasi aksi yang bertajuk Patimban Untuk Siapa?.


Ketua PMII Subang Ibnu Fajar Ruli menjelaskan, adanya pembangunan proyek strategis nasional Pelabuhan Internasional Patimban bukan menjadi alasan untuk keberlangsungan objek wisata. Ia menilai, selain melakukan pengawalan terhadap pembangunan yang sedang berlanjut, pihaknya menyebut hal ini sudah menjadi tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan terkhusus objek wisata Pantai Patimban.


"Seperti yang kita ketahui, pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban sedang berlangsung, sebagai mahasiswa dikenal dengan agen perubahan bertanggungjawab dalam pengawalan terlebih dengan membawa kepentingan masyarakat” ujarnya.


Ibnu juga menambahkan, perlu kepedulian bersama untuk pengawalan dan membawa keresahan masyarakat sekitar lingkungan Pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban yang terdampak. Selain itu kelestarian lingkungan termasuk objek wisata Pantai Patimban juga perlu dijaga.


“Selain dengan melakukan pengawalan terhadap pembangunan Proyek Strategis Nasional ini, objek wisata Pantai Patimban yang bersih dan nyaman tentu akan berdampak positif terhadap kenyamanan pengunjung dan memperkuat ekonomi masyarakat sekitar,” paparnya.


Ia berharap giat bakti sosial dan konsolidasi aksi ini dapat memupuk motivasi bagi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan dampak pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban.


“Mari kita bersama-sama peduli dan mengawal, Konsolidasi Aksi ini adalah bagian dari pemupukan aspirasi masyarakat yang berkeluh kesah terkait dampak pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban, PMII sebagai penyambung lidah Masyarakat berjuang untuk kepentingan masyarakat. Sebelum kita melaksanakan aksi di Kantor KSOP, kita bakti sosial untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di Pantai Patimban,” ajaknya.


Ia juga menambahkan, kegiatan ini merupakan perwujudan implementasi dari Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII, yaitu Hablummiannas dan Hablumminal Alam.


"Dalam waktu dekat, PC PMII Subang dan Forum Masyarakat Peduli Patimban yang tergabung dalam Aliansi Suara Rakyat akan menggelar unjuk rasa terkait dampak pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban dan kesejahteraan masyarakat terdampak” tutupnya.


Pewarta: Andri Isnaeni
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Subang Terbaru