• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Purwakarta

Perkuat Faham Aswaja Sako Pramuka PBNU Gelar KMD

Perkuat Faham Aswaja Sako Pramuka PBNU Gelar KMD
Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) se-Jabodetabek bertempat di Kebun Anas Bin Malik Al-Muhajirin Kampus 5 Kabupaten Purwakarta pada 22-28 Mei 2024. (Foto: NU Online Jabar)
Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) se-Jabodetabek bertempat di Kebun Anas Bin Malik Al-Muhajirin Kampus 5 Kabupaten Purwakarta pada 22-28 Mei 2024. (Foto: NU Online Jabar)

Purwakarta, NU Online Jabar
Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) se-Jabodetabek bertempat di Kebun Anas Bin Malik Al-Muhajirin Kampus 5 Kabupaten Purwakarta pada 22-28 Mei 2024.


KMD ini diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Sekjen LP Ma’arif PBNU, Drs, H. Harianto Oghie, Sekjen Sako Ma’arif Nasional, H. Soleh Abwa, Ketua LP Ma’arif PWNU Jawa Barat, Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah, Ketua Pinsako Ma’arif PWNU Jawa Barat, Dr. Acep Nurlaeli, Sekretaris LP Ma’arif PWNU Jawa Barat, Ganjar Abdul Mujib juga turut hadir dari Kwarcab Sako Ma’arif NU Purwakarta.

 

KMD Sako Ma'arif NU Jabar bekerjasama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat dalam penyelenggaraan Kursus sesuai dengan sisdiklat dengan menugaskan 10 Pelatih Lulusan KPL dari Pusdiklatda jabar dan Pusdiklatcab Purwakarta.


Ketua Panitia Pelaksana Kaka H.M. Sidik Mulyadi mengucapkan banyak terima kasih kepada Kaka Ifa Faizah Rohmah yang telah memfasilitasi acara ini baik tempat, akomodasi dan lain-lain.


Acara ini diselenggarakan oleh Sako Ma’arif Nasional yang dibantu secara teknis oleh Sako Ma’arif PWNU Jawa Barat dan kegiatan ini diikuti oleh peserta dari beberapa daerah Jakarta dan Jawa Barat se jumlah 65 Peserta KMD.


Kursus Mahir Dasar (KMD) Siaga - Penggalang - Penggerak dengan tema “Meningkatkan Kapabilitas pembina pramuka dalam membangun tunas Muda Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah” Sako Pramuka Ma’arif NU berpramuka dengan riang dan gembira.


Ketua Mabi Sako Pramuka Ma’arif PWNU Jawa Barat Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah menyampaikan, KMD ini adalah upaya untuk mempersiapkan kader-kader pramuka yang handal dan berkompeten, KMD ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kepramukaan, namun juga untuk membentuk karakter yang kuat mandiri dan bertanggung jawab.


“Sako Pramuka Ma’arif NU selain berkomitmen terhadap NKRI kita juga berkomitmen terhadap aswaja bagaimana para kader-kader pramuka sako Ma’arif NU mampu mengimplementasikan nilai-nilai aswaja pada gerakan sako ma’arif NU dan menanamkan Nilai nilai aswaja kepada para pembina sako dan gugus depan binaan Sako pramuka Ma’arif Nu,” harap Ka Ifa Faizah Rohmah.


Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Sako Pramuka Ma’arif PBNU sudah menjadikan Kebun Anas Bin Malik Al-Muhajirin Kampus 5 ini menjadi tempat Kursus Mahir dasar (KMD) oleh sako pramuka Ma’arif NU, mejadi kebangga’an dan keberkahan kedatangan para kiayi sako dan Ma’arif, semoga kita semua tetap komitmen menyebarkan Aswaja NU melalui gerakan sako pramuka ma’arif NU ini.


Sementara itu Sekjen Sako Pramuka Nasional Ma’arif PBNU Soleh Abwa menyampaikan dalam sambutannya ucapan selamat kepada para peserta mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Sako Pramuka Ma’arif NU, ikuti kegiatan ini sesuai dengan agenda yang telah ditentukan panitia dengan khidmah dan disiplin. 


Ia membenarkan apa yang disampaikan Kaka Nyai Ifa Faizah Rohmah bahwa  kader-kader Sako Pramuka Ma’arif NU ini harus mengembangkan gerakan pramuka ke seluruh Cabang-cabang dan gugus dengan menjadikan Aswaja sebagai dasar gerakan Sako Pramuka Ma’arif NU. 


“KMD ini adalah salah satu ikhtiar ke depan memiliki kader-kader pembina yang berfaham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah dan mampu melaksanakan pengkaderan KMD ini secara mandiri menyebar di cabang-cabang yang lain,” ujarnya.


Soleh berpesan bahwa kader-kader pramuka sako ma’arif ini harus memiliki karakter dan prinsip  yang ma’arif yaitu mandiri, akomodatif, akhlakul karimah, religius, intelektual,dan faham Aswaja NU. 


“Mudah-mudahan KMD ini bisa meluas dan kaka yang sekarang mengikuti KMD bisa mengikuti KML yang akan datang serta mampu mandiri melaksanakan KMD di setiap cabang nya masing-masing,” tandasnya.


Kontributor: Opick


Purwakarta Terbaru