• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 26 Februari 2024

Karawang

Semangat Bela Negara, Sako Pramuka Ma’arif NU Karawang Ikut Serta Kemah Bhakti Saka Wira Kartika 2024 

Semangat Bela Negara, Sako Pramuka Ma’arif NU Karawang Ikut Serta Kemah Bhakti Saka Wira Kartika 2024 
Sako Pramuka Ma’arif NU Karawang
Sako Pramuka Ma’arif NU Karawang

Karawang, NU Online Jabar
Pramuka Bantara Satuan Komunitas (Sako) Ma’arif NU Kabupaten Karawang turut berpartisipasi dalam Perkemahan Bhakti Saka Wira Kartika tahun 2024 tingkat daerah Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini diprakarsai oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pada Sabtu (3/2).


Ketua Sako Ma’arif NU Kabupaten Karawang, H. Darmanto, menyatakan bahwa pihaknya mendelegasikan peserta perkemahan dari Peserta Didik MA Ma’arif NU Kabupaten Karawang dan Community Learning Center Assolahiyah.


Darmanto menjelaskan bahwa Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat bertujuan sebagai sarana pertemuan bagi insan pramuka dari satuan Saka Wira Kartika Kodam III Siliwangi. Hal ini dilakukan dalam rangka menggalang persaudaraan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan kepramukaan yang dikemas secara kreatif, inovatif, dan rekreatif.


“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menjalin rasa persatuan dan kesatuan demi mewujudkan cita-cita gerakan pramuka,” tambahnya.


Dalam kesempatan yang sama, Inspektur Upacara sekaligus Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jendral Maruli Simanjuntak memberikan amanat. Ia menyampaikan bahwa Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah memiliki tujuan membentuk generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan memiliki semangat bela negara.


“Semangat bela negara ini digelorakan karena kecintaan mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 untuk memastikan kelangsungan hidup bangsa dan negara,” ungkap Jendral Maruli.


​​​​​​​Heru Saleh, Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Karawang, berharap bahwa melalui kegiatan Perkemahan Bhakti Saka Wira Kartika ini, Pramuka Saka Wira Kartika dapat terus berkreasi dan berkarya dalam wadah gerakan Pramuka dengan kegiatan positif dan produktif.

Pewarta: Riki Baehaki


Karawang Terbaru