Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Selamat Pulang Sahabat Atang Setiawan

Selamat Pulang Sahabat Atang Setiawan
Atang Setiawan Ketua Ansor Kota Tasikmalaya 2011-2015
Atang Setiawan Ketua Ansor Kota Tasikmalaya 2011-2015

Oleh: Ayik Muhyiddin

Tahun 90-an akhir saya sering bertemu wajah di warung sebelah masjid Pak Projo dengan menu andalan mahasiswa, gule jeroan, karena kebetulan sama-sama kos di Papringan, hanya beda kampus. Dia di Universitas Islam Indonesia (UII) Mrican, saya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sapen.

Jumpa lagi pada 2012 menjelang Konferwil Ansor Jabar. Sahabat Atang Setiawan (AS) waktu itu menjadi Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kota Tasikmalaya, salah satu yang paling vokal dalam hal konferwil. Saya sendiri hanya sopir yang masih gelap soal Jawa Barat. 

"Dulu di Jogja kan?" "Papringan?" begitulah sapaan pertamanya ketika kami bertemu lagi. Setelah pertemuan kembali inilah baru saya tahu namanya dan kemudian menjadi akrab begitu saja.

Selain di GP Ansor, sepulang dari Yogya, AS lebih dulu aktif di LK HAM Tasikmalaya, lembaga yang didirikannya bersama beberapa kawannya. Jadi tidak heran jika keduanya berkantor di rumah sewaan yang sama, sebuah rumah tua di Jalan Jaksa Tasikmalaya, sekretariat yang menjadi jugjugan istirahat ketika berkunjung ke Priangan Timur. Sekretariat yang memperkenalkan saya dengan banyak sahabat dari Tasikmalaya.

Jika bicara soal gagasan, AS adalah salah seorang yang paling serius. Berdiskusi dengannya harus siap adu heuras beuheung. Meski begitu, sekeras apapun perdebatan, tidak ada cerita gesekan pertemanan. 

Setelah Ketua Ansor Kota Tasikmalaya berganti, masih sesekali bertemu. Pasca Pileg 2019, baru tidak ketemu sama sekali, sampai pas sebulan ke belakang, mendengar kabar dari Ajengan Yayan Bunyamin bahwa AS sakit dan bahkan sampai tidak mau dijenguk. Rencana menjenguknya pun belum terlaksana.

Hari ini sahabat Atang Setiawan dipanggil pulang Gusti Allah. Selamat pulang Sahabat. Engkau orang baik.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu.

Obituari Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×