Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Innaalillaahi, KH Ahmad Makky Meninggal Dunia

Innaalillaahi, KH Ahmad Makky Meninggal Dunia
Pengasuh Ponpes Assalafiyah I, Al-Maghfurlah KH Ahmad Makky. (Foto: Iip D Yahya).
Pengasuh Ponpes Assalafiyah I, Al-Maghfurlah KH Ahmad Makky. (Foto: Iip D Yahya).

Sukabumi, NU Online Jabar
Kabar duka datang dari Kabupaten Sukabumi. Almaghfullah KH Ahmad Makky atau yang akrab disapa Mama Makky merupakan salah seorang Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Babakan Tipar, Kabupaten Sukabumi dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (23/2).


Mama Makky merupakan putra keempat dari KH Abdullah Mahfudz pendiri Pondok Pesantren Assalafiyah Sukabumi.


Dilansir dari NU Online, beliau telah menerjemahkan sekitar 200 kitab kuning ke dalam Bahasa Sunda.


"Kitab Alfiyah Ibnu Malik karya yang pertama diterjemahkan," katanya.


Awalnya, penerjemahan kitab itu hanya untuk kalangan santrinya. Namun, kemudian diminta penerbit untuk diperbanyak. Dan ternyata laris di pasaran sehingga ia menerjemahkan kitab lain.


Karena penerbit tersebut kemudian gulung tikar, akhirnya dia membuat penerbitan sendiri yang bernama sama dengan pondok pesantrennya, Assalafiyah.  


Dalam catatan penelitian Kang Iip Dzulkifli Yahya, sang kiai berjasa bagi keberlangsungan bahasa Sunda. Di satu sisi dan bagi kalangan pesantren, terutama santri yang masih kesulitan dalam memahami kitab kuning. 


Masih menurut kang Iip, buah karya ajengan kelahiran 1949 tersebut ada di toko-toko kitab dari ujung Banten hingga Cirebon. Karena jasanya itu, Ajengan Ahmad Makky pernah mendapatkan hadiah Rancage dari Pusat Kebudayaan Sunda.

 

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Obituari Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×