Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

LKK PWNU Menggugah Rasa dalam Suasana Duka

LKK PWNU Menggugah Rasa dalam Suasana Duka
LKK PWNU Menggugah Rasa dalam Suasana Duka. (Foto: NU Online Jabar/Agung)
LKK PWNU Menggugah Rasa dalam Suasana Duka. (Foto: NU Online Jabar/Agung)

Oleh Dindin C Nurdin
Ungkapan Kalam Bijak:
"Menyembuhkan luka mental itu lebih sulit dari menyembuhkan luka fisik" .


Tauma healing adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu.


Trauma healing pada warga yang merasakan masa sulit akibat tertimpa bencana perlu untuk dilakukan. Ini karena mereka cenderung akan dihantui rasa cemas yang berlebihan apabila bencana tersebut datang kembali. 


Trauma healing dapat menjadi langkah rehabilitasi yang tepat bagi para korban bencana untuk bisa menyembuhkan diri dari tragedi memilukan pasca bencana. 


Peran trauma healing adalah mampu mengalihkan pikiran buruk terhadap bencana agar warga tidak berlarut-larut dalam kesedihan serta bisa mengambil hikmahnya. 


Dalam prosedurnya, mereka akan diajak melakukan kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa melupakan trauma terhadap bencana.


Semoga kehadiran LKK PWNU menjadi therapi untuk pemulihan individu terutama anak-anak terdampak bencana, agar terbebas dari belenggu trauma dan menata kembali semangat untuk bangkit menatap hari esok lebih baik.


Selamat berkhidmah LKK PWNU Jawa Barat .. teruslah berharakah demi kemaslahatan Ummat.


Penulis adalah Pembina LKK PWNU Jawa Barat

Terkait

Ngalogat Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×