• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 21 Februari 2024

Nasional

SEABAD NU

Utusan Jawa Barat di Muktamar Lampung, Sebuah Dokumentasi Visual

Utusan Jawa Barat di Muktamar Lampung, Sebuah Dokumentasi Visual
Utusan NU Jabar ke Muktamar Lampung 2021 (NUJO/Fahmi)
Utusan NU Jabar ke Muktamar Lampung 2021 (NUJO/Fahmi)

Bandung, NU Online Jabar
Setelah melalui proses panjang, film dokumenter Utusan Jawa Barat di Muktamar Lampung, selesai digarap. 14 Rajab 1443, dua hari menjelang Hari Lahir NU versi Hijriyah, video pendek ini sudah bisa disaksikan melalui NU Jabar Channel. Sebelumnya sudah tayang berupa teaser dan kini bisa disaksikan versi lengkapnya. 


Garapan dokumenter ini terinspirasi catatan perjalanan utusan Tasikmalaya ke Muktamar Banjarmasin tahun 1936. Catatan itu ditulis oleh Soetisna Sendjaja (Sutsen) dan dimuat berseri dalam majalah Al-Mawaizh. Sekalipun tulisannya terputus karena majalahnya berhenti terbit, tulisan Pak Sutsen sangat hidup dan menggugah. 


“Secara khusus, Media Center (Medcen) memberangkatan tiga orang staf yang bertugas merekam setiap pergerakan utusan dari Jawa Barat,” ujar Iip Yahya, Direktur Media Center PWNU Jabar. “Mereka tidak dibebani liputan Muktamar secara langsung, karena semua materi muktamar sudah disediakan oleh NU Online dan TVNU,” lanjutnya.


Namun, dalam proses liputan di Lampung, ketiganya tidak bisa bekerja secara maksimal karena harus membantu tim kesekretariatan. Muktamar di tengah situasi pandemi, membutuhkan lebih banyak tenaga agar semua utusan lolos pemeriksaan administrasi dan bisa mengikuti seluruh rangkaian muktamar.


Untunglah dalam keterbatasan waktu itu, Tim Medcen masih sempat mengambil sejumlah kegiatan yang menggambarkan aktivitas para peserta muktamar. Digabung dengan aset digital milik TVNU dan Panitia Muktamar, dokumentasi ini cukup informatif dan enak ditonton.


Dalam proses editing, menurut Iip, muncul usulan agar semua cabang dapat muncul dalam dokumentasi visual ini. Foto-foto mereka dapat menambal kekurangan materi tim Medcen. Dibantu kesekretariatan PWNU, para admin PCNU se-Jawa Barat diminta mengirimkan foto terbaik mereka.


Diakui Iip, pihaknya lupa mengkondisikan para pendamping pengurus cabang untuk membuat dokumentasi foto sebanyak mungkin. Sebagian cabang mengirimkan banyak foto yang bisa dipilih, tetapi sebagian lagi mengirimkan foto seadanya.


“Saya menghargai kerja kreatif Tim Medcen ini,” ujar Sekretaris PWNU Jabar Muhammad Dawam saat menyaksikan preview video. “Dokumentasi visual ini menjadi bukti bahwa dakwah digital PWNU Jabar ke depan akan semakin maksimal dalam melayani umat,” sambungnya.


Ketua PWNU Jabar KH Juhadi Muhamad juga cukup  senang melihat tayangan ini. “Terima kasih atas kerja keras Tim Media Center,” ujarnya.


Editor: M Rizqy Fauzi

 


Nasional Terbaru