• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Nasional

Presiden Jokowi: Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenakan Sanksi oleh FIFA

Presiden Jokowi: Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenakan Sanksi oleh FIFA
Presiden Jokowi: Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenakan Sanksi oleh FIFA.
Presiden Jokowi: Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenakan Sanksi oleh FIFA.

Jakarta, NU Online Jabar
Melalui akun Youtube resmi Sekretariat Presiden, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengabarkan bahwa Indonesia tidak dikenai sanksi oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) atas kericuhan setelah pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). 


"Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10).


Presiden Jokowi mengatakan bahwa surat tersebut adalah tindak lanjut dari komunikasi melalui telepon antara dirinya dan Presiden FIFA Gianni Infantino pada Senin (3/10/2022) lalu, seperti yang dilansir dari NU Online.


Tim Transformasi Sepak Bola
Dalam surat tersebut dikatakan bahwa pemerintah bersama-sama dengan FIFA juga akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Untuk kelancaran upaya itu, FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses transformasi.


"FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia dan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tersebut," terangnya.


Jokowi memaparkan bahwa akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan Pemerintah Indonesia untuk:

  1. membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia
  2. memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional
  3. melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama
  4. mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada, serta 
  5. menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.
  6. Di akhir pernyataannya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.


"Nanti, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah," tandasnya.


Sebagai informasi tambahan, tragedi terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu (1/10/2022) telah menewaskan 131 korban jiwa.


Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang korban meninggal dunia akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur sebanyak 131 orang, sementara 440 orang mengalami luka ringan dan 29 orang luka berat.


Sebelumnya, Presiden Jokowi telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) beranggotakan 13 orang yang diketuai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan didampingi Menpora selaku wakil ketua untuk mengusut Tragedi Kanjuruhan dalam kurun waktu 1 bulan.


Kepolisian RI juga telah menetapkan enam orang tersangka tragedi Kanjuruhan, yang tiga di antaranya adalah personel kepolisian. Tiga tersangka lainnya dari kalangan penyelenggara pertandingan, yakni Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Ketua Panpel Arema FC, dan petugas keamanan (security officer) di Stadion Kanjuruhan.


Kontributor: Suci Amaliyah
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Nasional Terbaru