• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Nasional

PBNU Temui Dubes Palestina, Cari Solusi Selamatkan Banyak Nyawa

PBNU Temui Dubes Palestina, Cari Solusi Selamatkan Banyak Nyawa
Ketua LAZISNU, Habib Ali Hasan Al-Bahar (Foto: NU Online)
Ketua LAZISNU, Habib Ali Hasan Al-Bahar (Foto: NU Online)

Bandung, NU Online Jabar
Eskalasi konflik yang semakin meningkat antara Israel dan Palestina telah menciptakan gelombang simpati kemanusiaan dari berbagai pihak. Sebagai upaya konkret untuk menyuarakan dukungan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) diwakili oleh Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) menemui Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun di Jakarta, Selasa (10/10/2023).


Ketua LAZISNU, Habib Ali Hasan Al-Bahar menyampaikan perlu adanya solusi untuk mereda peperangan tersebut, terutama dalam menyelamatkan banyak nyawa


“Palestina sedang bergejolak, kita semua tahu, di wilayah Gaza. Dan ini adalah masalah kemanusiaan, tidak boleh ada darah yang ditumpahkan lagi. Harus ada jalan keluar yang tercepat untuk menyelamatkan nyawa,” ungkapnya, usai pertemuan.


Ali mengungkapkan bahwa Indonesia dalam hal ini punya pengalaman dijajah, sehingga semua upaya untuk mendapatkan kemerdekaan menjadi konsen. “Dan kita tahu semuanya, Mukadimah Pendahuluan Undang Undangan Dasar (1945) kita juga seperti itu,” ujar alumnus Universitas Yarmouk, Yordania, itu. 


Menurut Ali, kondisi di lapangan masih sangat dinamis. Untuk itu ia mengajak Masyarakat Indonesia untuk mendoakan dan memberikan bantuan sesuai kemampuan. “Kita dari Indonesia berdoa dan memberikan bantuan untuk saudara-saudara kita di Gaza,” ajaknya.


Informasi yang ia dapat, kondisi di Gaza masih sangat memprihatinkan dan mencekam. Pesawat-pesawat tempur besar digunakan untuk menggempur rumah masyarakat.  


Pria yang juga Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional itu juga berharap semua ini bisa berjalan untuk menemukan jalan keluar demi kebaikan. 


“Nahdlatul Ulama sebagai organisasi sosial keagamaan tak tinggal diam melihat konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina. Indonesia, kita dan seluruhnya punya konsen serius untuk saudara-saudara kita di Palestina,” pungkasnya
 


Nasional Terbaru