• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Nasional

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

Mustasyar PBNU Ungkap Al-Qur'an sebagai Petunjuk yang Agung Bagi Manusia

Mustasyar PBNU Ungkap Al-Qur'an sebagai Petunjuk yang Agung Bagi Manusia
Mustasyar PBNU KH Zakky Mubarak. (Foto: FB Zakky Mubarak Syamrakh).
Mustasyar PBNU KH Zakky Mubarak. (Foto: FB Zakky Mubarak Syamrakh).

Jakarta, NU Online Jabar 
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak menjelaskan bahwa dalam bulan Ramadhan ada hal yang sangat penting yaitu malam Nuzulul Qur'an atau malam diturunkannya Al-Qur'an.


"Mengapa sangat penting? Karena Al-Qur'an inilah petunjuk yang sangat agung bagi umat manusia yaitu turun di Bulan Ramadhan," jelasnya dalam video yang diunggah di akun Facebook resmi miliknya, Zakky Mubarak Syamrakh pada Selasa (26/3/2024). 


Lebih lanjut, Kiai Zakky sapaan akrabnya, mengungkapkan apa dan bagaimana sesungguhnya Nuzulul Qur'an itu. 


"Nuzul artinya turun, Al-Qur'an? Ya Al-Qur'an, Nah turunnya ini melalui beberapa tahapan. Pertama, Turunnya Al-Qur'an dari Lauhul Mahfudz secara menyeluruh sekaligus ke baitul izzah yaitu langit," ucapnya. 


"Nah dari baitul izzah ini kemudian turun ke  langit dunia itu dengan secara utuh, dari baitul izzah inilah mulai dari langit  turun secara berangsur-angsur melalui datangnya malaikat jibril, Jadi jibril datang membawa ayat demi ayat kepada nabi  Muhammad," tambahnya. 


Kiai Zakky menyebutkan bahwa awal di turunkannya itu adalah di bulan Ramadhan memiliki beberapa pandangan.


"Ada yang menyatakan 17 Ramadhan, 27, 21, Macam-macam pandangan yang dikemukakan. Tapi pada prinsipnya semua itu sepakat di Bulan Ramadhan,"jelasnya.


Kiai kelahiran Cirebon Jawa Barat tersebut berharap semoga  dengan menyambut Nuzulul Qur'an ini kita bisa mengkaji al- Qur'an lebih mendalam. 


"Semoga kita bisa menyambut Nuzulul Qur'an ini dengan baik, dengan jalan apa kita bisa mengkaji Al-Qur'an lebih mendalam dan bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari," pungkasnya.


Nasional Terbaru