Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Peringati Hari Jadi Kabupaten Majalengka, MWCNU Maja Gelar Tablig Akbar dan Halal Bihalal

Peringati Hari Jadi Kabupaten Majalengka, MWCNU Maja Gelar Tablig Akbar dan Halal Bihalal
Peringati Hari Jadi Kabupaten Majalengka, MWCNU Maja Gelar Tablig Akbar dan Halal Bihalal
Peringati Hari Jadi Kabupaten Majalengka, MWCNU Maja Gelar Tablig Akbar dan Halal Bihalal

Majalengka, NU Online Jabar
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Maja menggelar acara peringatan hari jadi ke-532 Kabupaten Majalengka dan Hari Lahir (Harlah) Pancasila di Masjid Syifaaul Qulub Kabupaten Majalengka, Ahad (5/6).


Selain acara tablig akbar dan halal bihalal, ada rangkaian kegiatan lainnya yaitu, santunan anak yatim dan semaan Al-Quran.


Ketua Panitia Mohamad Yogi DM menuturkan, tujuan digelarnya acara ini dalam rangka menjaga nilai-nilai ke-Islaman, menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan, serta merekatkan hubungan tali silaturahmi antara ulama dan umara melalui momentum Hari Jadi Majalengka dan Harlah Pancasila.

 

Pada Tablig Akbar tersebut mengundang Pengasuh Pondok Pesantren Sleman Yogyakarta KH Ahmad Muwafiq, yang akrab disapa Gus Muwafiq


"Hadirnya Gus Muwafiq di Majalengka ini, diharapkan dapat membumikan kembali nilai-nilai kebangsaan, menyelaraskan nilai-nilai keislaman dan nasonalisme. Sekaligus menggugah kembali semangat Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyyah warga NU se-Kabupaten Majalengka," tutur Yogi sapaan akrabnya.


Ketua PCNU Majalengka KH Dedi Mulyadi, dalam sambutannya berharap, kehadiran Gus Muwafiq ini dapat membumikan dan menjaga nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan, menjaga keutuhan NKRI, sekaligus menumbuhkan toleransi dalam beragama dan bernegara.


"Tausiyah kebangsaan Gus Muwafiq ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata warga NU untuk Majalengka, dalam menjaga NKRI dari berbagai ancaman yang merongrongnya saat ini," katanya.


“Sebab bangsa dan negara ini harus dijaga bersama-sama karena lahir di dengan beragam suku, bahasa, agama, golongan, ras dll. Untuk itu, kelahiran bangsa ini harus dirawat dan dijaga salah satunya melalui toleransi antarumat beragama,” imbuhnya.


Sementara itu, Gus Muwafiq dalam tausiyahnya menyampaikan, di era modernitas saat ini, dengan teknologi yang semakin canggih dapat memudahkan manusia dalam mengakses segala informasi.


“Saat ini dengan adanya teknologi Digital menebus batas baik itu lintas negara, lintas waktu segala informasi cepat tersampaikan dan selain itu juga untuk saling menyampaikan pesan yang bermanfaat,” paparnya.


“Saat adanya pertandingan sepakbola antara Liverpoll dan Real Madrid kita sebagai penonton tidak perlu datang ke Stadion tetapi menonton di TV. Hal itu menjadi kemudahan dalam teknologi,” sambungnya.


Lanjutnya, dengan teknologi memudahkan segala hal, salah satunya informasi dengan lintas negara, dan dengan kekayaan informasi yang mudah diakses.


“Saat ini NKRI menjadi kuat karena infomasi yang kuat dan menjadikan tanggungjawab sebagai bangsa yang besar,” pungkasnya.


Pewarta: Tata Irawan
Editor: Abdul Manap

terpopuler

rekomendasi

topik

×