• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kota Bandung

KESEHATAN

Tips Mengajarkan Ilmu Sex Education pada Anak Sesuai Usianya

Tips Mengajarkan Ilmu Sex Education pada Anak Sesuai Usianya
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)

Bandung, NU Online Jabar
Di tengah maraknya informasi dan mudahnya akses internet oleh anak membuat sebagian orang tua khawatir jika anak kita mungkin mengakses konten pornografi atau konten yang tidak sesuai umurnya.


Maka dari itu sebagai orang tua perlu dan wajib untuk mengedukasi pendidikan seks sejak dini kepada anak. Namun, yang sering salah pahami bahwa pendidikan seks bukanlah pendidikan untuk mengajarkan anak dan remaja untuk melakukan hubungan seksual.


Akan tetapi tahukah kamu bahwa sebaliknya mengajarkan pendidikan seksual sejak dini itu penting untuk membantu anak-anak mengembangkan pemahaman yang sehat tentang tubuh mereka tentang hubungan, rasa malu dan batasan.


Berikut adalah beberapa panduan untuk memperkenalkan pendidikan seksual kepada anak-anak dengan cara yang sesuai usia:


Mulai dengan anatomi dasa

Pertama mulai dengan Anatomi dasar mulailah dengan mengajarkan anak-anak nama-nama yang benar untuk bagian tubuh, gunakan bahasa yang sesuai usia dan jawab pertanyaan mereka dengan jujur.


Ajarkan tentang privasi

Kedua ajarkan tentang privasi Jelaskan konsep privasi dan bahwa beberapa bagian tubuh mereka bersifat pribadi. Beritahu mereka bahwa tidak apa-apa untuk berbicara tentang hal ini kepada orang dewasa yang dipercayanya contohnya orang tua.


Gunakan buku sesuai usia

Pilih buku-buku yang dirancang khusus untuk kelompok usia mereka. Ada banyak buku anak yang mengatasi bagian tubuh, emosi dan hubungan dengan cara yang sederhana dan tidak mengintimidasi.


Ajarkan anak tentang batasan

Diskusikan terkait batasan ajarkan anak-anak tentang batasan dan konsep persetujuan. Jelaskan bahwa mereka boleh mengatakan tidak terhadap sentuhan yang tidak diinginkan dan bawa orang lain seharusnya menghargai batasan mereka


Ciptakan komunikasi yang terbuka

Ciptakan lingkungan di mana anak-anak merasa nyaman bertanya nyaman bercerita dan beritahu mereka bahwa mereka bisa berbicara tentang apapun dengan Anda dan buka ruang percakapan agar percakapan tentang ini terus berlanjut.


Diskusikan hubungan yang sehat

Ajarkan anak-anak tentang kualitas hubungan yang sehat termasuk komunikasi, menghargai, rasa hormat dan kebaikan. Bahas pentingnya bersikap empati dan memahami terhadap orang lain.


Perhatikan kepercayaan budaya dan agama

Terakhir perhatikan kepercayaan budaya dan agama pertimbangkan kepercayaan budaya dan agama keluarga anda saat membicarakan pendidikan seksual ajarkan anak nilai-nilai dasar agama dan budaya yang diyakini.


Sumber: Youtube NU Online


Kota Bandung Terbaru