• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kota Bandung

KESEHATAN

Jangan Panik, Ini Solusi Buat Kamu yang Terkena Flu dan Batuk Berkepanjangan

Jangan Panik, Ini Solusi Buat Kamu yang Terkena Flu dan Batuk Berkepanjangan
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)

Bandung, NU Online Jabar
Kamu pernah mengalami flu dan batuk tidak kunjung sembuh? Bingung apa yang harus kita lakukan? Simak penjelasan dr Ita Fajria berikut.


Flu dan batuk biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Namun, dalam kondisi tertentu biasanya flu dan batuk bisa semakin lama sembuhnya sampai 2 minggu dan menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, pegal-pegal dan tidak produktif.


Flu dan batuk yang berkepanjangan ini bisa jadi disebabkan oleh kurang istirahat, stres karena banyak pikiran, merokok maupun karena polusi udara. Oleh karena itu mari kita ketahui Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.


Penyebab Flu dan Batuk


Stres yang berkepanjangan 

Pikiran yang terlalu banyak beban dan stres akan membuat daya tahan tubuh kita semakin turun. Hal itu membuat flu dan batuk yang kita derita semakin lama sembuhnya.


Keliru dalam memilih obat serta terapi flu dan batuk

Selain itu flu dan batuk yang tidak kunjung semempuh bisa juga disebabkan oleh adanya lendir yang turun ke tenggorokan seperti misalnya karena covid-19, kemudian karena penyakit paru-paru seperti asma, pneumoni, dan lain sebagainya.


Selain itu, flu dan batuk yang berkepanjangan juga dapat disebabkan karena kurangnya waktu tidur dan istirahat, kurangnya mengonsumsi air putih, sering merokok dan sering terpapat alergen yang membuat kita alergi seperti polusi udara.  


Lalu bagaimana memberikan penanganan pada flu dan batuk yang tidak segera sembuh?


Perbanyak minum air hangat

Jangan lupa tubuh kita membutuhkan cairan minimal 8 gelas sehari atau 2 sampai 3 liter per hari. Nah air yang hangat ini bisa membantu kita untuk meredakan hidung tersumbat kemudian mengencerkan lendir atau dahak serta melegakan tenggorokan yang sakit.


Air hangat ini juga bisa berbentuk seperti misalnya air lemon hangat air jeruk nipis hangat teh herbal yang mungkin dicampur dengan madu sup hangat dan lain sebagainya. Pastikan asupan tubuh untuk cairan terpenuhi.


Cukupi waktu istirahat 

Sebagian orang meremehkan flu dan batuk dan merasa bahwa itu hanya penyakit ringan yang bisa segera hilang. Namun kalau kita kurang istirahat kurang tidur maka justru penyakit ini bisa berlama-lama berada dalam tubuh kita.


Pastikan kalau kita sedang flu dan batuk cukupkan waktu istirahat kita tidur di rumah, hentikan aktivitas sementara. Hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu dan batuk yang berkepanjangan. 


Berkumur dengan air garam 

Flu dan batuk yang berkepanjangan sering disertai dengan sakit maupun gatal di tenggorokan, untuk mengurangi rasa gatalnya kita bisa mencoba dengan berkumur air garam misalnya dengan melarutkan 1/empat atau 1/2 sendok teh garam dengan satu gelas air.


Minum obat flu dan batuk secara tepat 

Perlu diperhatikan bahwa jika salah memilih obat maka bisa jadi justru tidak membantu kita untuk semakin baik flu dan batuknya. Pastikan kita memilih obat yang sesuai dengan keluhan dan kalau tidak segera sembuh dalam waktu lebih dari satu minggu bisa kita periksa ke dokter atau tenaga kesehatan.


Sumber: Youtube NU Online


Kota Bandung Terbaru