• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kota Bandung

Doa Berlindung dari Segala Keburukan dan Kejahatan

Doa Berlindung dari Segala Keburukan dan Kejahatan
Doa Berlindung dari Segala Keburukan dan Kejahatan. (Ilustrasi/freepik)
Doa Berlindung dari Segala Keburukan dan Kejahatan. (Ilustrasi/freepik)

Bandung, NU Online Jabar

Umat Islam senantiasa dianjurkan untuk selalu meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah Swt. Salah satu caranya yakni dengan berdoa memohon perlindungan dari segala bentuk keburukan dan kejahatan. 


Hanya kepada Allah lah tempat kita meminta pertolongan. Dia-lah sebaik-baiknya pelindung dan penolong bagi hamba-Nya yang membutuhkan pertolongan. Hal ini sebagaimana termaktub dalam QS Al-Hajj ayat 78: 


هُوَ مَوْلٰىكُمْۚ فَنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ


Artinya: “Dialah Pelindungmu; Dia sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong,” (Q.S. al-Hajj [22]: 78).


Berikut kumpulan doa memohon perlindungan dari segala keburukan dan kejelekan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:


Doa Mohon Perlindungan dari Segala Kejelekan


اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ كُلِّ خَيْرٍ مَا سَأَلَكَ مِنْه نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ، وَنعَُوْذُبِكَ مِنْ كُلِّ شَرٍّ مَااسْتَعَاذَكَ مِنْه نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ . وَاَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَعَلَيْكَ الْبَلاَغ وَلاَحَوْلَ ولَا قَُ  وَّة اِلا بِاللهِ


Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala kebajikan sebagaimana yang dimohon oleh nabi-Mu Muhamad. Dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejelekan sebagajmana yang nabi-Mu Muhamad mohon perlindungan. Engkaulah Yang Maha Pemberi Pertolongan, dan kepada-Mulah puncak segala pengharapan. Tiada daya upaya untuk meninggalkan ma'siat dan tiada kekuatan untuk melakukan ibadah kecuali atas pertolongan Allah."


Doa Mohon Perlindungan dari Lingkungan yang Buruk


اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ صَاحِبِ غَفْلَةٍ وَمِنْ جَارِ سُوْءٍ وَمِنْ زَوْجٍ يُؤْذِيْ 


Allāḥumma innī a‘ūdzu bika min shāhibi ghaflatin wa min jāri sū’in wa min zawjin yu’dzī.


Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari sahabat yang lalai agama, tetangga yang jahat, dan pasangan yang menyakiti,”(Imam Abdul Wahab As-Sya’rani, Tanbihul Mughtarrin, [Semarang, Thaha Putra: tanpa tahun], halaman 29).


Doa Mohon Perlindungan dari Fitnah dan Orang Dzalim


رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ 


Rabbanâ lâ taj‘alnâ fitnatal lil qaumidh dhâlimîn wa najjinâ birahmatika minal qaumil kâfirîn 


Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang kafir.”


Doa Mohon Perlindungan Ketika Melihat Pertanda Buruk


اللَّهُمَّ لَا يَأْتِي بِالحَسَنَاتِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا يَذْهَبُ بِالسَّيِّئَاتِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ 


Allāhumma lā ya’tī bil hasanāti illā anta, wa lā yadzhabu bis sayyi’āti illā anta, wa lā hawla wa lā quwwata illā billāhi. 


Artinya: “Ya Allah, tidak ada yang dapat mendatangkan kebaikan kecuali Engkau, dan tidak ada yang menghilangkan keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali kekuatan Allah.”


Itulah tadi doa memohon perlindungan dari segala keburukan dan kejahatan. Semoga dengan senantiasa membaca doa-doa di atas kita selalu dalam lindungan dan naungan dari Allah Swt.


Pewarta: Agung Gumelar


Kota Bandung Terbaru