Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Didapuk Jadi Dokter Kontingen Jabar pada Jambore Nasional XI, dr Steven: Suatu Kebanggaan dan Kehormatan Besar

Didapuk Jadi Dokter Kontingen Jabar pada Jambore Nasional XI, dr Steven: Suatu Kebanggaan dan Kehormatan Besar
Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (PW LKNU) Jawa Barat dr Steven Saputro. (Foto: NUJO)
Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (PW LKNU) Jawa Barat dr Steven Saputro. (Foto: NUJO)

Bandung, NU Online Jabar
Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (PW LKNU) Jawa Barat dr Steven Saputro terpilih untuk menjadi dokter kontingen Jabar pada Jambore Nasional XI di Buperta Cibubur yang diselenggarakan 14-21 Agustus 2022. 

 

Sebelumnya, ia dihubungi oleh Kwarda Jawa Barat dan diminta untuk kembali berbakti di gerakan Pramuka. Tanpa pikir panjang ia pun langsung mengiyakan permintaan tersebut. 

 

“Suatu kebanggaan dan kehormatan besar bagi saya untuk kembali berbakti di Gerakan Pramuka. Kali ini, saya diamanahi sebagai Dokter Kontingen Daerah Jawa Barat sesuai dengan profesi saya sebagai seorang dokter,” ujar dr lulusan Universitas Padjadjaran itu. 

 

Diketahui bahwa dr Steven aktif di Gerakan Pramuka sejak duduk di bangku SMP. Bahkan, ia sempat dikirimkan ke Singapura sebagai peserta The 3rd ASEAN Jamboree  di Sarimbun Scout Camp, Singapura pada tahun 2010.

 

“Gerakan pramuka merupakan salah satu organisasi di awal-awal karirku berorganisasi, tepatnya pada saat aku masih mengenyam bangku sekolah menengah pertama. Kala itu, aku dipercaya sebagai Pratama Putra,” kata dr Steven menceritakan pengalamannya. 

 

“Berangkat dari jabatan tersebut, aku mencoba mengikuti seleksi Jambore ASEAN Ke-3 di Singapura dan lolos! Walhasil, aku dan sahabatku, Alya berhasil berangkat ke Singapura sebagai perwakilan Kwartir Cabang Indramayu,” ujarnya.

 

Fun fact-nya adalah ajang itu merupakan perdana bagi Kwarcab Indramayu mengirimkan delegasinya ke luar negeri untuk mengikuti jambore. Sungguh, kehormatan dan kebanggaan bagiku untuk bisa membawa nama baik kampung halamanku di kancah internasional,” terangnya. 

 

Oleh sebab itu, kata dia, ketika dirinya kembali dihubungi dan diminta oleh Kwarda Jawa Barat untuk kembali berbakti di gerakan pramuka, ia dengan tegas langsung menyanggupi. 

 

Menyandang status sebagai Ketua PW LKNU Jabar, dr Steven menjelaskan kesamaan Gerakan Pramuka dengan Nahdlatul ulama. 

 

“Persamaan Gerakan Pramuka dan NU adalah sama-sama organisasi yang menekankan nasionalisme dan bela negara. Oleh karenanya, Gerakan Pramuka dan NU merupakan garda penjaga keutuhan NKRI,” tandasnya. 

 

Pewarta: Agung Gumelar

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×