Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Diduga Jadi Korban Traficking, LPBHNU Jabar Berhasil Pulangkan PMI dari Arab Saudi

Diduga Jadi Korban Traficking, LPBHNU Jabar Berhasil Pulangkan PMI dari Arab Saudi
Diduga Jadi Korban Traficking, LPBHNU Jabar Berhasil Pulangkan PMI dari Arab Saudi. (Foto: Mahpudin).
Diduga Jadi Korban Traficking, LPBHNU Jabar Berhasil Pulangkan PMI dari Arab Saudi. (Foto: Mahpudin).

Bandung, NU Online Jabar
Salah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) bernama Sanah yang bekerja di Arab Saudi berhasil dipulangkan oleh Lembaga Penyuluhan Bantuan Hukum (LPBH) PWNU Jawa Barat pada Sabtu (5/6). Sanah merupakan perempuan asal Karawang yang diduga menjadi korban traficking dan berhasil dipulangkan pasca sekitar tiga bulan tim dari LPBHNU Jawa Barat bergerak.


Ketua LPBH PWNU Jabar, H. Mahpudin mengatakan bahwa pihaknya telah diminta tolong oleh suami korban. "Kronologisnya, korban ini dipekerjakan di Arab Saudi melalui sponsor berinisial H, setelah di sana korban mengalami sakit," ujar Ketua LPBH PWNU Jabar.


Saat meminta untuk dipulangkan, majikannya meminta uang ganti pengurusan Rp 50 juta. "Tentu saja korban dan keluarga korban tak mampu memenuhi permintaan tersebut," terangnya.


Mahpudin mengungkapkan, suami korban akhirnya meminta bantuan kepada LPBH PWNU Jabar.


"Setelah kita upayakan dengan berbagai proses dan rintangan yang bisa dilalui. Alhamdulillah, PMI Sanah akhirnya bisa pulang ke tanah air dan sudah nyampe di rumah di Teluk Jambe kemaren Sabtu sore jam 16.00 WIb," terangnya.


Dalam kesempatan yang sama, Mahpudin juga menjelaskan, terkait kepulangan perempuan yangmemiliki nama lengkap Sanah Suryani tidak lepas dari peran Unit Pelaksana Teknis BP2MI Jawa Barat yang telah sama-sama berusaha untuk memulangkan PMI.


"Kita bersyukur PMI Sanah Suryani akhirnya berhasil pulang dengan selamat dan sekarang sudah berada di rumah berkumpul dengan keluarga," pungkasnya.


Selain itu, Sanah Suryani melalui pesan singkat yang dikirimkan melalui Whatsapp dengan salah satu tim LPBH PWNU Jawa Barat, Alman Adi, mengucapkan terima kasih kepada LPBH PWNU Jabar.


"Saya berterima kasih sama bapak atas perjuangan tanpa batas waktu tanpa pamrih, saya minta doanya semoga saya malem ini terbang lancar ys pa selamet sampe indonesia, saya transif samfe indonesia sabtu sore jam 2:00 WIB," tandasnya.


Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

terpopuler

rekomendasi

topik

×