• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kabupaten Sukabumi

Road Show ke Wilayah VI Jampang Kulon, Kiai Nasiir: Uswah Hasanah Sebarkan Aqidah Aswaja

Road Show ke Wilayah VI Jampang Kulon, Kiai Nasiir: Uswah Hasanah Sebarkan Aqidah Aswaja
Road Show ke Wilayah VI Jampang Kulon, Kiai Nasiir: Uswah Hasanah Sebarkan Aqidah Aswaja
Road Show ke Wilayah VI Jampang Kulon, Kiai Nasiir: Uswah Hasanah Sebarkan Aqidah Aswaja

Sukabumi, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sukabumi menggelar Road Show dan Silaturrahim ke Majelis Wakil Cabang (MWC) dan Ranting NU Se-Wilayah VI Jampang Kulon, di Pondok Pesantren Darul Ulum Ciracap Sukabumi Selasa (2/8).

 

Wilayah VI Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi terdiri dari sembilan kecamatan, diantaranya Kecamatan Ciracap, Ciemas, Waluran, Jampang Kulon, Cibitung, Surade, Kalibunder, Tegalbuleud dan Cimanggu.

 

Dalam kunjungannya, Koordinator Wilayah VI Jampang Kulon Sukabumi, Kiai Nasiir Fauzi menyampaikan, kerja tim Road Show PCNU Kabupaten Sukabumi merupakan uswah hasanah dalam kerja menyebarkan Aqidah Aswaja

 

"Ini merupakan uswatun hasanah yang insyaallah akan selalu kontinue dan estafet terus dalam rangka menyebarkan Islam Ahlusunnah wal Jama'ah, kaitan Pekerjaan Rumah (PR) terbesar kita apa yang disampaikan oleh ketua Tanfidziyah bahwa menepis luar biasa fitnah yang akan terjadi kepada kita semua," terangnya.

 

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sukabumi, KH Anshori Fudholy, mengungkapkan bahwa pengurus NU harus aktif merespon segala kondisi, karena menurutnya NU sudah tepat aqidahnya berdasar pada Ahlussunnah wal Jama'ah. 

 

Dalam membesarkan NU lanjutnya, tidak cukup sebatas berharap belas kasihan rohman dan rahimnya Allah, melainkan harus ada aksi nyata.

 

"Mencoba membenahi dengan cara-cara kreatif hanya dengan berharap belas kasihan, rohman rohimnya Allah Swt. NU mau besar, Pesantren mau besar, aqidah aswaja mau kuat tapi menunggu bagiamana Allah, menyerahkan segala permasalahan sama Allah itu ciri pemikiran Jabariyah, Sementara kita itu dasarnya Ahlussunnah Waljama'ah, harus ada aksi atau kerjanya dan kerjasamanya jangan individual. Contoh, kita ingin segera terbentuk Pengurus Ranting dan Anak Ranting, tapi hanya ngobrol doang tanpa ada aksi, ya tidak akan terwujud," tegasnya.

 

Kiai Anshori mengajak, sebagai pengurus NU harus siap terjun ke akar rumput menengok kondisi masyarakat.

 

"Saatnya elit-elit NU turun ke bawah, seperti sekarang datang Pengurus Cabang. Kerja responsif dan aktif akan menjadi kerja sektoral di lingkungan pilar NU, untuk memperjuangkan kerangka besar, imajinasi masyarakat NU dan Keindonesiaan dan tata Dunia yang adil," papar kiai Anshor

 

Lebih lanjut, Kiai Anshori mengingatkan bahwa usia NU sudah hampir se-abad namun derajat ekonomi warga Nahdliyin belum beranjak

 

"Ini yang menjadi kerjaan kita, NU itu usianya sudah hampir se-Abad namun ekonomi kaum Nahdliyin kebanyakan masih belum beranjak," pungkasnya.

 

Perlu diketahui, acara tersebut diikuti oleh jajaran Pengurus PCNU, hadir pula jajaran Pengurus Cabang Muslimat, GP Ansor dan Banom lainnya. 

 

Wilayah VI sendiri merupakan bagian dari zona yang sudah di bagi dalam rangka memetakan kerja-kerja organisasi NU. Mengingat luasnya daerah Kabupaten Sukabumi yang memiliki 47 Kecmatan sehingga perlu pembagian kerja.

 

Pewarta: Amus Mustaqim
Editor: Abdul Manap


Kabupaten Sukabumi Terbaru