• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Kabupaten Sukabumi

4 Kampung di 3 Desa Kecamatan Cicurug Sukabumi Alami Peristiwa Longsor dalam Semalam, Bagana Langsung Turun Tangan

4 Kampung di 3 Desa Kecamatan Cicurug Sukabumi Alami Peristiwa Longsor dalam Semalam, Bagana Langsung Turun Tangan
Tim Bagana Sukabumi turun ke lokasi terjadinya longsor di Kampung Bebera untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor, Rabu (21/2/2024). (Foto: NU Online Jabar/Adit)
Tim Bagana Sukabumi turun ke lokasi terjadinya longsor di Kampung Bebera untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor, Rabu (21/2/2024). (Foto: NU Online Jabar/Adit)

Sukabumi, NU Online Jabar
Peristiwa longsor terjadi di empat kampung tiga desa di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Rabu (21/2/2024) hanya dalam waktu satu malam.


Bencana alam itu terjadi tepatnya di Kampung Cigadog Rt 2 Rw 3 Desa Tenjolaya, Kampung Bebera Rt 2 Rw 3 Desa Tenjolaya, Kampung Cibaregbeg Rt 2 Rw 2 Desa Caringin, dan Kampung Legok Picung Rt 3 Rw 5 Desa Cisaat.


Divkom Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Sukabumi, Aditia Krisna Nurprabowo menuturkan, peristiwa longsor terjadi akibat cuaca esktrem dan curah hujan yang tinggi. 


“Hujan mulai turun sekitar jam setengah empat sore sampai jam 6 petang, hampir kurang lebih hujan besar itu terjadi selama satu jam dari jam lima sampai jam enam,” paparnya.


“Kami langsung menurunkan personil ke lokasi kejadian, tepatnya di Kampung Bebera untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor bersama juga dengan para warga,” tambahnya.


Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada untuk kemungkinan kembali terjadinya longsor karena cuaca ekstrem dan curah hujan yang tinggi masih berlangsung.


Adapun hasil assesment sementara dalam kejadian tanah longsor di wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Rabu, 21 Februari 2024 adalah sebagai berikut:

 
  1. KP. Cigadog Rt 2/3 Desa Tenjolaya : Longsor sepanjang 10 meter dan tinggi 20 meter. Dampak: 1 mobil pribadi milik pak Baban terbawa longsor
  2. KP. Bebera Rt 2/3 Desa Tenjolaya : Longsor dengan panjang 12 meter dan tinggi 3 meter. Dampak : Akses jalan utama tertutup. Kondisi Terkini : Akses Jalan sudah bisa di lalui
  3. KP. Cibaregbeg Rt 2/2 Desa Caringin : Longsor dengan panjang 5 meter dan tinggi 5 meter. Dampak : 2 rumah milik warga terancam. Kondisi terkini : Material sudah dibersihkan
  4. KP. Legok Picung Rt 3/5 Desa Cisaat : Tanah longsor menimpa TPT mengakibatkan rumah milik bp Ujang Abdul Kholik (41). Kondisi terkini : Material sudah di bersihkan.


Sementara itu, hingga berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.


Pewarta: Agung Gumelar


Kabupaten Sukabumi Terbaru