• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kabupaten Bogor

Dari Istighosah, Pembagian Hadiah, hingga Pentas Kreasi Seni Santri Jadi Cara MWCNU dan Muspika Sukamakmur Sukseskan HSN 2023

Dari Istighosah, Pembagian Hadiah, hingga Pentas Kreasi Seni Santri Jadi Cara MWCNU dan Muspika Sukamakmur Sukseskan HSN 2023
Dari Istighasah, Pembagian Hadiah, hingga Pentas Kreasi Seni Santri Jadi Cara MWCNU dan Muspika Sukamakmur Sukseskan HSN 2023
Dari Istighasah, Pembagian Hadiah, hingga Pentas Kreasi Seni Santri Jadi Cara MWCNU dan Muspika Sukamakmur Sukseskan HSN 2023

Bogor, NU Online Jabar
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukamakmur menggelar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 tingkat Kecamatan yang bertempat di di lapangan Masjid Besar Ansori Desa Sukamakmur pada Ahad (22/10/2023). Kegiatan tersebut menghadirkan serangkaian rentetan acara yang diawali dengan Istighotsah, salah satu bagian penting dari acara tersebut, dipimpin oleh ulama-ulama karismatik di Kecamatan Sukamakmur, diantaranya KH Wildan Asy'ari selaku Rois Syuriah MWCNU Sukamakmur, KH Ridwan Faisal selaku Rais Jatman Sukamakmur dan Ustadz Ahmad Syukur selaku Rois Jam'iyyatul Qura Wal Huffadz NU Sukamakmur.


Tidak hanyak itu, hadir pula pada upacara Muspika Kecamatan Sukamakmur, para ulama Sukamakmur, Pimpinan ponpes Sukamakmur, MWCNU Sukamakmur, Banom Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukamakmur, MUI Kecamatan Sukamakmur, serta ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat turut menghiasi acara tersebut.


Salah satu momen penting lainnya dari peringatan Hari Santri Nasional ini adalah pembagian hadiah untuk Musabaqah Qira'atil Kutub untuk tiga marhalah, yaitu Fathul Muin, Fathul Qorib, dan Safinah Naja. Juara 1, 2, 3, dan Harapan 1 menerima penghargaan yang sangat prestisius dalam bentuk hadiah berupa tropi, sertifikat dan uang pembinaan.


Pementasan seni dari para santri juga menjadi sorotan dalam acara ini. Mulai dari Qasidah yang dibawakan oleh Muslimat NU Sukamakmur, seni beladiri dari PPST Miftahul Huda Al-Barkah, hingga Hadroh Majelis Riyadush Sholihin dan MDTA Ar-Ridzan, semuanya berkontribusi dalam memberikan nuansa kemeriahan dan semangat yang membara.


Amanat Pembina Upacara disampaikan oleh Camat Sukamakmur, Bakri Hasan. Dsalam kesempatan tersebut, ia menyatakan bahwa peran santri sangat besar dalam menjaga keutuhan NKRI. "Santri harus terus berjihad, membangun negeri tercinta. Kemerdekaan NKRI berkat perjuangan dan pengorbanan santri, dari Kiai untuk santri membangun negeri," ungkapnya. 


Sementara itu, Ketua Tanfidziyah MWCNU Sukamakmur Kiai Lubis Hilman Agi Daerobijuga memberikan pernyataan yang mendalam tentang peran santri dalam memajukan negeri.


"Dengan tema HSN 2023 Jihad Santri, Jayakan Negeri menjadi pijakan utama dalam merayakan Hari Santri Nasional kali. ini mencerminkan semangat dan tekad santri dalam berkontribusi positif untuk kemajuan negara," Ujarnya. 


Lebih lanjut lagi, dalam acara ini dilakukan Launching gedung sekretariat MWCNU Sukamakmur yang sedang dalam proses pembangunan. Ustadz Ridwan, Ketua Panitia Pembangunan sekaligus Ketua Lazisnu Sukamakmur, turut memimpin launching ini dengan penuh haru dan semangat.


Selain itu, Sekretaris Panitia, Ustadz Asep Manhad, berharap bahwa semangat dan semarak peringatan Hari Santri Nasional ini akan terus membara dalam diri seluruh santri dan masyarakat Sukamakmur.


"Peringatan Hari Santri Nasional di Kecamatan Sukamakmur tahun 2023 adalah sebuah penghormatan yang sangat layak untuk perjuangan dan kontribusi besar santri dalam memajukan bangsa dan negara," tandasnya.


Kabupaten Bogor Terbaru