• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 18 Juni 2024

Indramayu

Pesantren Progresif RPK Resmikan Majelis Taklim Babul 'Ilmi, Dibuka untuk Umum

Pesantren Progresif RPK Resmikan Majelis Taklim Babul 'Ilmi, Dibuka untuk Umum
Pesantren Progresif RPK Resmikan Majelis Taklim Babul 'Ilmi, Dibuka untuk Umum. (Foto: NU Online Jabar)
Pesantren Progresif RPK Resmikan Majelis Taklim Babul 'Ilmi, Dibuka untuk Umum. (Foto: NU Online Jabar)

Indramayu, NU Online Jabar
Majelis taklim merupakan lembaga dakwah di Indonesia yang pertumbuhannya masih berlangsung hingga saat ini. Sebagai institusi dakwah dan pembinaan umat, majelis taklim berfungsi sebagai wadah untuk menyampaikan pesan keagamaan, tukar menukar pikiran dan berbagi pengalaman dalam masalah keagamaan.


Melihat pentingnya peran majelis taklim dalam kehidupan masyarakat, Pondok Pesantren Progresif RPK Ulfiyah Segeran mendirikan majelis taklim yang diberi nama Babul ‘Ilmi. 


Secara harafiah, Babul Ilmi berasal dari bahasa Arab yang berarti pintu/gerbang ilmu. Sementara itu, secara filosofis pintu/gerbang merupakan muara awal menuju suatu kawasan masa depan yang cerah dan memberikan kesuksesan bagi orang yang tinggal di dalamnya.


Pimpinan Pesantren Progresif Miftahul Fatah mengatakan bahwa majelis taklim bukan hanya semata mata  berfungsi sebagai lembaga dakwah, melainkan berperan juga dalam melakukan pengembangan dan pembinaan ilmu agama Islam serta pembinaan kehidupan masyarakat . 


“Untuk itu kami mengajak kepada para jamaah agar betul-betul istiqomah dalam mengikuti kegiatan kegiatan majlis taklim ini,” ujarnya, Jumat (29/3/2024).


Pria yang karib disapa Gus Mif itu menambahkan, ia mengutarakan keinginannya tersebut pada saat rapat bersama dengan para asatidz.


Ia juga mengapresiasi kerja keras para pengurus karena dalam waktu yang singkat  majelis taklim Babul ‘Ilmi sudah terdaftar pada Kementerian Agama Indramayu dan mendapatkan sertifikat piagam majelis taklim dengan No. MT416812000425.


Sementara itu, dihadapan puluhan jamaah yang hadir di acara peluncuran majelis taklim Babul ‘Ilmi, Ketua Jamiyah kiai Nurul Khimam mengatakan bahwa jamiyah ini akan dilaksanakan setiap malam sabtu akhir bulan masehi.


“Dari situ kemudian jamiyah ini kita sebut Jamiyah Sabtonan. Kegiatan Jamiyah ini nantinya akan kita isi dengan istighosah, dakwah serta diskusi dalam rangka pembinaan kehidupan masyarakat,” ucapnya.


“Majelis ini terbuka bagi siapapun yang ingin bersama-sama melakukan mujahadah serta ngobrol bareng seputar kehidupan Masyarakat. Dan kegiatan ini akan disiarkan secara langsung melalui chanel Progresif TV atau FB pesantren progresif segeran,” tandasnya.


Kontributor: Ozie


Indramayu Terbaru