• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Garut

Syahriahan LDNU Garut, Ajengan Lukman Sebut Peringatan Isra Mi'raj Nabi SAW Perteguh Keimanan dan Keislaman

Syahriahan LDNU Garut, Ajengan Lukman Sebut Peringatan Isra Mi'raj Nabi SAW Perteguh Keimanan dan Keislaman
Ketua LDNU Kabupaten Garut KH Lukmanul Hakim. (Foto: NU Online Jabar/Rudi Sirojudin A).
Ketua LDNU Kabupaten Garut KH Lukmanul Hakim. (Foto: NU Online Jabar/Rudi Sirojudin A).

Garut, NU Online Jabar
Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Garut kembali menggelar kegiatan syahriahan di Masjid Alhasanah Kampung Ciateul Desa Tarogong Kidul-Garut, Selasa (13/1/2023). Kegiatan sebagai ajang konsolidasi dan silaturahmi antar pengurus dengan warga Nahdliyin tersebut digelar bersamaan dengan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H. 


Dalam tausiahnya, ketua LDNU Garut KH Lukmanul Hakim mengingatkan akan pentingnya memperingati tradisi amaliah Ahlussunnah wal Jamaah. Menurutnya, memperingati tradisi Islam Ahlussunnah wal Jamaah sama halnya dengan menguatkan keimanan dan keyakinan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. 


"Mengapa memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW bisa dikategorikan sebagai bagian dalam memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah? Karena dalam peringatan Isra Miraj, seorang muslim tidak hanya dituntut untuk mempercayainya saja, tetapi juga mampu melaksanakan pesan dari Isra Miraj itu sendiri. Sebagaimana kita ketahui, pesan Isra Miraj adalah perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu," ucapnya saat dihubungi NU Online Jabar, Rabu (14/1/2024). 


Kiai yang akrab disapa Ajengan Lukman itu juga menuturkan bahwa jika seorang  melaksanakan shalat, maka orang yang shalat itu sejatinya telah meyakini bahwa ia akan mengalami perjumpaannya dengan Allah kelak di hari pembalasan. 


Ia mengutip QS al-Baqarah ayat 153:


يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ


Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS.al-Baqarah [2]: 153). 


"Dalam ayat tersebut shalat menjadi sarana dalam meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT. Itu artinya ketika seorang muslim shalat, maka ia sejatinya sudah mempercayai dan meyakini akan perjumpaannya dengan Allah SWT," tutur Ajengan Lukman. 


"Memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW menjadi penting mengingat di dalamnya ada syariat yang paling utama untuk dijaga oleh seorang muslim, yakni syariat shalat lima waktu," tandasnya. 


Garut Terbaru