• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 30 Mei 2024

Daerah

Tingkatkan Perlindungan dan Pembelaan Buruh, Sarbumusi Lantik Lembaga Bantuan Hukum ​​​​​​​

Tingkatkan Perlindungan dan Pembelaan Buruh, Sarbumusi Lantik Lembaga Bantuan Hukum ​​​​​​​
Prosesi Pelantikan DPC Sarbumusi Kota Sukabumi. (Foto: Amus Mustaqim).
Prosesi Pelantikan DPC Sarbumusi Kota Sukabumi. (Foto: Amus Mustaqim).

Sukabumi, NU Online Jabar
Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) melantik sejumlah pengurus Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang berfungsi sebagai pendidikan, pembelaan terhadap buruh dan pengembangan organisasi Sarbumusi Sukabumi di Hotel Pangrango Selabintana pada Selasa (31/08). Pelantikan tersebut digelar secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Acara tersebut diawali dengan pembaiatan yang langsung dipimpin oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) LBH Sarbumusi Dalail dan dilanjut dengan sambutan-sambutan.

Ketua DPP Sarbumusi Dalail mengungkapkan, bahwa peran LBH mempunyai tiga Visi Utama yaitu Pendidikan, Pembelaan dan Pengembangan Organisasi.

"Peran LBH Sarbumusi mempunyai tiga fungsi diantaranya Pendidikan, Pembelaan terhadap Hak-hak pekerja, dan Pengembangan Organisasi. Prinsip kerja LBH Sarbumusi juga ada dua yaitu Litigasi dan Non Litigasi," ungkapnya.

Dalail juga menyampaikan, tiga hal tersebut merupakan kunci berjalannya LBH Sarbumusi. Sebab ,secara hirarki Sarbumusi itu anaknya NU karena status nya sebagai Badan Otonom (Banom), sementara LBH Sarbumusi sendiri sebagai penopang jalannya organisasi Sarbumusi itu sendiri.

Selain itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Sukabumi Didin Syaripudin, menjelaskan, bahwa Sarbumusi sudah masuk di pencatatan dan juga sebagai Dewan Pengupahan di Kota Sukabumi.

"Harapan saya Sarbumusi bisa terus bersinergi, mewarnai dan turut mengawal para tenaga kerja di Sukabumi sebagai repsresentasi aktivis muda NU. Alhamdulillah sampai saat ini Sarbumusi masuk di pencatatan dan masuk pula sebagai Dewan Pengupahan di Kota Sukabumi," tandasnya.

Wakil Presiden Bidang Dalam Negeri Sukitman Sudjatmiko sebagai perwakilan dari DPP Konfederasi Sarbumusi mengatakan, LBH itu salah satu alat taktis dan strategis bagi peran dan fungsi Sarbumusi sebagai Serikat Buruh sebagaimana amanat Undang-undang dan PD PRT Sarbumusi.

"Sebagaimana diamanatkan PD PRT melalui Munas Akbar ke-4 Ada dua lembaga yang menjalankan Fungsi kita sebagai Serikat Pekerja dan Serikat Buruh. Selanjutnya, yang harus kita ingat bahwa UU No. 21 Tahun 2000 mengamanatkan dua tugas utama yaitu pertama, meningkatakan kesejahteraan buruh dan keluarganya, kedua melakukan pembelaan terhadap anggota apabila hak-hak anggota dilanggar," terangnya.

Ia juga melaporkan, untuk yang pertama DPP K-Sarbumusi membentuk KOPBUMI yaitu Koperasi Pekerja Sarbumusi dan kedua untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pembelaan terhadap anggota mendirikan Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum dan ini bisa dibentuk di masing-masing daerah berdasarkan jenjang kepengurusan baik DPC, DPW dan terutama di DPP.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Sukabumi KH Annas Syakirulloh mengapresiasi pelantikan Sarbumusi di Sukabumi. Ia bersyukur jika Banom serta Lembaga di bawah naungan NU terus melakukan gerakan terutama Sarbumusi, dan menegaskan kalau ujung tombak gerakan NU itu ada di Banom dan Lembaganya.

"Saya bersyukur kalau banom khususnya Sarbumusi mulai bersatu menyatukan kekuatan, karena kalau kita menyatu pasti akan menimbulkan kekuatan, tapi kalau kita tidak menyatu pasti leuleus," tegasnya.

Kiai Annas juga mengajak kepada seluruh hadirin yang hadir agar berjuang dengan ikhlas, karena menurutnya siapapun yang berjuang di NU baik di banom atau lembaga maka akan punya kesempatan diaku sebagai santrinya Mbah Hasyim Asy'ari sebagai pendiri NU.

Acara tersebut dihadiri oleh PCNU Kota Sukabumi, Ketua LBH GP Ansor Kota Sukabumi Aa Brata Soedirja, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Sukabumi, perwakilan TURC Angga Prawira, serta tamu undangan lainnya.


Pewarta: Amus Mustaqim
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Daerah Terbaru