Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Umat, PCNU Ciamis Genjot Pembangunan di Tiga Sektor Ini

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Umat, PCNU Ciamis Genjot Pembangunan di Tiga Sektor Ini
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Umat, PCNU Ciamis Genjot Pembangunan di Tiga Sektor Ini. (Foto: NUJO/Irman)
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Umat, PCNU Ciamis Genjot Pembangunan di Tiga Sektor Ini. (Foto: NUJO/Irman)

Ciamis, NU Online Jabar 
Nahdlatul Ulama adalah organisasi besar dengan segala kebesarannya. Oleh karena itu, kebesaran ini harus nampak dan dimunculkan ke permukaan salah satunya dengan peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat khususnya warga Nahdliyin. 


Setidaknya hal inilah yang menjadi tujuan dan keinginan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ciamis dalam lima tahun ke depan. 


“Ini merupakan bagian dari amanat konferensi dan termasuk dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi Nahdliyin dan masyarakat secara umum berkenaan dengan ke-NU-an, bahwa NU yang besar itu harus nampak dengan kebesarannya,” ujar KH Arief Ismail Chowas, Ketua NU Ciamis saat ditemui NU Online Jabar di kediamannya, Sabtu (26/03) lalu. 


Kiai Arief membeberkan bahwa saat ini PCNU Kabupaten Ciamis sedang melakukan pembangunan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sarana dan prasana fasilitas bagi masyarakat umum dan warga Nahdliyin diantaranya, pembangunan masjid dan rumah sakit di kompleks sekretariat PCNU, dan membangun perekonomian umat melalui program Warung Rumah (Warhmah) di bawah Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama (BUMNU) Lembaga Perekonomian Nadhlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Ciamis yang bekerja sama dengan perusahaan ritel. 


“Ini sedang dimulai sudah hampir satu bulan untuk pembangunan masjid, dan tidak lama lagi berbarengan dengan itu juga akan dilakukan perluasan gedung sekretariat PCNU Kabupaten Ciamis untuk memenuhi sarana dan prasarana,” jelasnya. 


Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bangunsirna itu mengatakan, target pengerjaan pembangunan masjid dan perluasan gedung sekretariat PCNU Kabupaten Ciamis ditargetkan rampung dalam kurun waktu pengerjaan 1-2 tahun ke depan. 


Sementara itu, pembangunan rumah sakit sendiri merupakan target jangka panjang PCNU Kabupaten Ciamis yang rencananya akan dibangun gedung dengan 6 lantai. 


“Gambar sama master plannya sudah beres, termasuk pihak investor yang bekerja sama siap menanamkan modalnya, paling tidak 1-2 lantai di limat tahun akhir ini sudah terbangun,” paparnya. 


Terkait dengan warung rumahan milik BUMNU, PCNU Kabupaten Ciamis akan memberikan modal investasi berbentuk barang dengan berbagai kategori. Untuk kategori pemula, mereka akan mendapatkan investasi senilai Rp2.000.000,-. 


Untuk warga Nahdliyin yang berminat dengan program warung rumahan ini persyaratannya cukup mudah yakni cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu) dan mempunyai komitmen untuk bersama-sama membangun perekomian bagi warga NU, dan mendaftarkan diri melalui lembaga dan banom NU seperi Lembaga Perekonomian Nahdlatl Ulama (LPNU), Rabithah Ma’ahid Islamiyyah (RMI), Lembaga Pendidikan Ma’arif NU yang memiliki keterkaitan dengan perekonomian. 


“Ini bentuk perwujudan upaya kami dalam berkhidmah sebagai pengurus dan sebagai jam’iyyah NU di Ciamis, kita berikhtiar salah satunya dengan warung rumahan ini, kita support agar warga NU bisa berwirausaha,” tandasnya.


Pewarta: Agung Gumelar

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×