• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 21 Februari 2024

Daerah

Terdampar di Bendungan Engehalde, Jenazah Emmeril Kahnz Mumtadz Ditemukan

Terdampar di Bendungan Engehalde, Jenazah Emmeril Kahnz Mumtadz Ditemukan
Terdampar di Bendungan Engehalde, Jenazah Emmeril Kahnz Mumtadz Ditemukan (Foto: Ig @ataliapr)
Terdampar di Bendungan Engehalde, Jenazah Emmeril Kahnz Mumtadz Ditemukan (Foto: Ig @ataliapr)

Bandung, NU Online Jabar
Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahnz Mumtadz, akhirnya ditemukan setelah hilang selama dua pekan tenggelam saat berenang di sungai Aare, Swiss, Kamis 26 Mei lalu.


Ditemukannya jenazah Eril sapaan akrabnya, dilaporkan oleh kepolisian Bern tergeletak di air Bendungan Engehalde.


"Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Bendungan Engehalde di Bern," demikian laporan keterangan Polisi Bern, Kamis (9/6/2022).


setelah ditemukannya seorang tak bernyawa di bendungan Engehalde, kepolisian Bern segera mengevakuasi dan segera di periksa guna mengidentifikasi identitasnya.


"Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban tewas adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini," katanya.


Mengkonfirmasi kebenaran itu, Atalia Praratya ibu dari Eril melalui akun Instagram terverifikasinya @ataliapr menyatakan bahwa jenazah yang ditemukan kepolisan Bern itu adalah anaknya.


“Alhamdulillah Allahu Akbar! DNA sudah dinyatakan sama dengan saya... innalilahi wainnailaihi raajiunnn...," ucapnya.


Ridwan Kamil Terbang Kembali ke Swiss


Mengetahui informasi itu, sang ayah dari Eril, Ridwan Kamil kembali mengajukan cuti dan dijadwalkan berangkat ke Swiss.


"Sementara Pak Gubernur sendiri sudah berangkat ke Swiss per hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dulu ada di sana," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kamis (9/6/2022).


Wahyu menjelaskan, izin cuti Ridwan Kamil itu telah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Emil pun sudah mendapatkan persetujuan untuk cuti dari pihak Kemendagri.


"Terkait dengan izin gubernur, pemerintah provinsi Jawa barat sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin keluar negeri dengan alasan penting. Dan Alhamdulillah itu sudah mendapatkan persetujuan dari kementerian dalam negeri mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022," terangnya.


Pemulangan dan Pemakaman Jenazah Eril


Sementara, informasi mengenai pemulangan dan penguburan jenazah diungkap langsung oleh Ridwan Kamil melalui akun instagram terverifikasinya @ridwankamil, bahwa jenazah akan ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan hari Senin.


“Allahu Akbar! Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahnz Mumtadz sudah ditemukan,” tulisnya.


“Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin,” cuitannya.
Kang Emil sapaan akrabnya, juga mengucapkan terimakasih pada KBRI Swiss dan kepada semua pihak yang telah membantu dan ikhlas mendoakan.
“Terimakasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya,” ucapnya.


“Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan Anda semua,” pungkasnya.


​​​​​​​Emmeril pulang dengan Syahid


Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Abun Bunyamin menyampaikan bela sungkawa dan doa atas musibah yang menimpa keluarga besar Gubernur Jawa Barat. Kiai Abun meyakini Eril menjadi syuhada di sisi Allah Swt. 


​​​​​​​Syahidnya Eril, menginggal karena tenggelam. Sedangkan tenggelam masuk dalam salah satu kategori dari tujuh macam syahidnya orang meninggal.


"Mudah-mudahan Allah Swt terima Iman dan Islamnya Almarhum Eril, mengampuni segala kesalahan dan dosanya, serta melipat gandakan amal kebaikannya," harap kiai Abun saat ditemui NU Jabar Online, Jumat (3/6). 


Selain itu, sebelum ditemukannya jenazah Eril, Kiai Abun sudah menyerukan kepada seluruh warga Nahdliyin ditingkat PCNU, MWC, Ranting, Majelis Taklim, maupun Pondok Pesantren se-Jawa Barat agar segera melaksanakan shalat gaib untuk Almarhum Emmeril Khan Mumtadz Bin Mochammad Ridwan Kamil. 


Editor: Abdul Manap


Daerah Terbaru