Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

MUI Serukan Shalat Ghaib untuk Almarhum Emmeril

MUI Serukan Shalat Ghaib untuk Almarhum Emmeril
MUI Serukan Shalat Ghaib untuk Almarhum Emmeril. (Sumber Foto: GWA).
MUI Serukan Shalat Ghaib untuk Almarhum Emmeril. (Sumber Foto: GWA).

Bandung, NU Online Jabar
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat membuat edaran tentang seruan melaksanakan shalat ghaib untuk ananda Emmeril Khan Mumtadz yang hilang saat berenang di Sungai Aare Swiss, Dalam edaran tersebut dituliskan, sejak dikabarkan hilang pada Kamis (26/5) lalu, hingga hari ini tepatnya pada Kamis (2/6) putra sulung dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tersebut masih belum ditemukan.


Dalam edaran itu juga dituliskan, berdasarkan informasi dari pihak keluarga Bapak Moh Ridwan Kamil  yang disampaikan dalam pertemuan malam ini, Kamis, 2 Juni 2022 pukul 19.00-19.30 WIB di Kantor MUI Jawa Barat, diperoleh penjelasan sebagai berikut:

 
  1. Bapak Moch Ridwan Kamil beserta isteri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa ananda tercinta Emmeril Khan Mumtadz sudah meninggal dunia karena tenggelam.
  2. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss menyampaikan bahwa pihak otoritas setempat sudah mengubah status pencarian ananda tercinta Emmeril Khan Mumtadz, dari yang tadinya berstatus mencari orang yang hilang (missing person) menjadi status mencari orang yang tenggelam (drowned person). Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia.


"Dengan memperhatikan keterangan dan penjelasan dari pihak keluarga sebagaimana dijelaskan di atas, maka dengan memperhatikan ketentuan syara' Jenazah harus segera di shalatkan. Karena jenazah tidak/belum ditemukan maka shalat jenazah dilakukan dengan cara SHALAT GHAIB. Oleh karena itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat menyerukan kepada seluruh masyarakat muslim untuk melakukan shalat ghaib atas almarhum Emmeril Khan Mumtadz pada hari Jumat 3 Juni 2022 di setiap Masjid/Mushalla, bisa dilakukan sebelum shalat Jumat bisa juga dilakukan ba'da shalat Jumat," tulis MUI.


Selain itu, MUI Provinsi Jawa Barat juga memohon kepada seluruh pimpinan MUI Kota/Kabupaten untuk meneruskan seruan ini kepada jajaran MUI di bawahnya dan seluruh masyarakat muslim yang ada di dalamnya.


Sebagai informasi, surat tersebut di keluarkan pada Kamis (2/6) dan di tandatangani oleh Ketua MUI Provinsi Jawa Barat Prof Dr KH Rahmat Syafe'i LC MA, dan Sekretaris Umum Drs HM Rafani Achyar, M.Si.


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×