• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 21 Februari 2024

Daerah

PKD di Jakasampurna, Embrio Ansor Bekasi Barat

PKD di Jakasampurna, Embrio Ansor Bekasi Barat
Peserta PKD Ansor Jakasampurna menyimak materi yang disampaikan narasumber. (NU Online Jabar/Foto: Syamsul Badri Islamy)
Peserta PKD Ansor Jakasampurna menyimak materi yang disampaikan narasumber. (NU Online Jabar/Foto: Syamsul Badri Islamy)

Kota Bekasi, NU Online Jabar
Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Pimpinan Ranting GP Ansor Jakasampurna di MI Adda’wa I Jl. Alfalah I RT 05 RW 03 akhir pekan ini diproyeksikan menjadi embrio lahirnya Pimpinan Ranting GP Ansor di kelurahan-kelurahan lain di Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Jakasampurna Arifin El Sanwani mengatakan, peserta pelatihan sebanyak 40 orang dari Kelurahan Kranji, Kota Baru, Bintara, Bintara Jaya, dan Jakasampurna. Mereka akan mendapat delapan materi mulai hari ini (5/12) sampai besok.

“Kami sahabat-sahabat dari Jakasampurna bergabung dengan Ansor sejak awal 2018. 14 orang dari sini sudah ikut PKD dan Diklatsar. Makanya ghirah kepengurusan sekarang luar biasa. Apalagi pada dasarnya warga Bekasi Barat 90 persen nahdliyin secara amaliyah,” ujarnya.

Materi-materi yang disampaikan di PKD, kata Arifin, adalah ke-NU-an, tradisi amaliyah NU, Aswaja, ke-Ansor-an, manajemen organisasi, kebangsaan, ekonomi, rihlah, dan presentasi rihlah. Di materi rihlah nanti peserta diminta turun ke masyarakat memperkenalkan Ansor dan NU.

Ketua MWCNU Bekasi Barat Ustadz Syaiful Ghozi menambahkan, berorganisasi adalah kegiatan yang positif dan penting dalam mengembangkan karakter individu. Sebagai organisasi sayap NU, tentu arah pengembangan karakter kader lebih ke nasionalis-religus.

“Saya sangat bangga sebab kaderisasi yang sangat fundamental dalam tubuh GP Ansor bisa dilaksanakan sampai di level ranting. Setelah menjadi kader Ansor nanti, yang tak kalah penting adalah pengabdian, baik kepada Nahdlatul Ulama maupun masyarakat luas,” pesannya.

Pewarta: Syamsul Badri Islamy
Editor: Muhyiddin 


Editor:

Daerah Terbaru