Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

EBT Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Jadi Fokus Bahasan Seminar PMII Kota Sukabumi

EBT Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Jadi Fokus Bahasan Seminar PMII Kota Sukabumi
Energi Baru Terbarukan Jadi Fokus Bahasan di Pagelaran Seminar PMII Kota Sukabumi
Energi Baru Terbarukan Jadi Fokus Bahasan di Pagelaran Seminar PMII Kota Sukabumi

Sukabumi, NU Online Jabar
Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Sukabumi menggelar Seminar dengan mengusung tema "PMII mengoptimalisasi energi baru terbarukan menuju Indonesia emas 2045" di Gedung Pusat Kajian Islam (Puski) Kota Sukabumi, Sabtu (21/05).


Ketua Pelaksana Muhammad Ikrar Dharda menjelaskan kegiatan tersebut bentuk sharing dengan pemerintah setempat dengan tujuan memberikan saran agar pemerintah Kota Sukabumi bisa memiliki cadangan energi.


"Agenda seminar sekaligus sharing educated ini bahwa Kota Sukabumi harus memiliki cadangan energi listrik di kemudian hari dengan menggunakan konsep Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam pemanfaatan sumber daya," tuturnya


Ikrar juga menerangkan pentingnya memahami Indonesia kedepan yang berkaitan dengan energi berkelanjutan demi menstabilkan iklim Indonesia.


"Perlu di pahami pula dengan Visi indonesia ke depan tentang energi berkelanjutan (sustainable energy) dan Net Zero Emission demi menstabilkan Iklim di Indonesia yang semakin berubah drastis. Dengan dasar hukum kegiatan mengarah kepada Perpres No 22 tahun 2017 (RUEN) & Perda Provinsi Jabar No 2 Tahun 2019 bahwa setidaknya pemerintah daerah harus menjadi figur di mata masyarakat perihal penggunaan Konsep Energi baru terbarukan," terangnya.


Dalam kesempatan yang sama Ketua PMII Kota Sukabumi Syahrul Umar berharap agar seluruh peserta yang terlibat dapat memahami konsep Energi Baru Terbarukan yang akan mengganti energi fosil.


"Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan pada penerapan PLTP pada triwulan pertama tahun 2018 indonesia urutan ke 2 menggeser Filipina dalam produksi energi baru terbarukan sebesar 1942 MW (Mega Watt) dan itu baru 11% dari potensi yang ada. Kami berharap kota Sukabumi menjadi pilot project dalam pemanfaatan energi baru terbarukan," ungkapnya.


Selain itu, Asistes Daerah (Asda) Kota Sukabumi Iskandar mewakili pemerintah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap ikhitar PMII dalam menyuarakan optimalisasi energi baru terbarukan.


"Atas nama pemerintah, kami apresiasi apa yang telah dilakukan oleh PMII dengan menyuarakan optimalisasi energi baru terbarukan. Pemerintah kota Sukabumi saat ini tengah mengoptimalkan energi baru terbarukan, yang secara perlahan menggantikan energi fosil yang semakin mahal dan semakin berkurang, hal ini di buktikan dengan memasukkan optimalisasi energi baru dan terbarukan itu di dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sukabumi," pungkasnya​​​​​​​.


Sebagai infromasi, kegiatan tersebut diisi oleh Banyu Citra Anggara (Bappeda Kota Sukabumi) dan Qatro Romandhi (Kementerian ESDM Dirjen EBTKE) sebagai narasumber dengan diikuti oleh 125 orang peserta dari internal Kader PMII dan Mahasiswa lainnya mewakili kampus yang ada di lingkungan Kota dan Kabupaten Sukabumi. 


Pewarta: Amus Mustaqim
​​​​​​​Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×