• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Cianjur

Pencak Silat NU Pagar Nusa Cianjur Rutin Gelar Pelatihan Jurus Baku

Pencak Silat NU Pagar Nusa Cianjur Rutin Gelar Pelatihan Jurus Baku
Pencak Silat NU Pagar Nusa Cianjur Rutin Gelar Pelatihan Jurus Baku
Pencak Silat NU Pagar Nusa Cianjur Rutin Gelar Pelatihan Jurus Baku

Cianjur, NU Online Jabar
Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Cianjur rutin mengadakan private jurus baku Pagar Nusa salah satunya sering digelar di Rayon Pondok Pesantren Aminatul Huda Al-Musri 1 Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, dimana sebanyak 41 peserta dari 16 Pimpinan Anak Cabang (PAC) / Rayon se-Kabupaten Cianjur, ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut. 


Sekretaris PSNU Pagar Nusa Kabupaten Cianjur Achmad Mubarok yang juga hadir sebagai narasumber mengatakan, dilaksanakannya private jurus baku Pagar Nusa untuk mencetak kader-kader pelatih yang militan dan siap menyebarkan syiar Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyyah. 


“Melalui Badan Otonom (Banom) Pagar Nusa di bawah arahan PCNU Kabupaten Cianjur, kami siap terus melakukan syiar ke-NU-an ke seluruh pelosok daerah,” ujarnya kepada NU Online Jabar, Jumat (13/01/2022).


Ia berkata, program latihan rutin Pagar Cianjur dilaksanakan 1x dalam sepekan. Adapun hari dan waktu latihan diserahkan kepada pengurus di setiap masing-masing PAC dan PR Pagar Nusa.


"Tentunya setelah koordinasi dengan para pelatih yang sudah disiapkan oleh majlis pelatih di tingkat PC Pagar Nusa Kabupaten Cianjur," sambungnya. 


Turut hadir pada kegiatan tersebut Pembina PSNU Pagar Nusa Kabupaten Cianjur sekaligus pemateri Mulyawan Tirta Supraja. Ia menyampaikan pentingnya PSNU Pagar Nusa dalam menjaga ulama dan bangsa.


"Selain materi berbagai jurus khusus yang telah diberikan, penting juga disampaikan perihal kepemimpinan, keorganisasian, kebangsaan, dan yang lainnya," ucap Ketua Yayasan Assyakir Ciranjang ini.


Menurut pria lulusan UPI Bandung tersebut menjelaskan bahwa latihan rutin ini wajib dilaksanakan dalam rangka menjaga, mempertahankan dan mengembangkan jurus-jurus yang ada dan menjadi ciri khas di Pencak Silat Pagar Nusa, khususnya PS Pagar Nusa Kabupaten Cianjur. 


"Selaku dewan pembina, tentunya kami akan senantiasa memberikan full support kepada setiap pengurus, baik di tingkat PR, PAC dan PC yang terus konsisten melaksanakan program latihan rutin, karena kita menyadari tidak ada yang dadakan kecuali tahu bulat," tuturnya sambil tersenyum.


Sebagai informasi, kegiatan rutin ini diselenggarakan oleh Divisi Kepelatihan dan Wasjur PSNU Pagar Nusa Kabupaten Cianjur yang diketuai M Reza Abdul Malik Al-Qurtuby.


Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Cianjur Terbaru