• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Cianjur

Galang Donasi untuk Palestina, Kiai Deden Usman Ridwan: Kesedihan Mereka, Duka Kita Semua

Galang Donasi untuk Palestina, Kiai Deden Usman Ridwan: Kesedihan Mereka, Duka Kita Semua
Galang Donasi untuk Palestina, KIai Deden Usman Ridwan: Kesedihan Mereka, Duka Kita Semua
Galang Donasi untuk Palestina, KIai Deden Usman Ridwan: Kesedihan Mereka, Duka Kita Semua

Cianjur, NU Online Jabar
Dalam upaya mengurangi beban saudara dan aksi solidaritas antar sesama, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur menegaskan terus mendukung masyarakat Palestina dengan berbagai ikhtiar. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cianjur Kiai Deden Usman Ridwan saat memberikan orasi dalam kegiatan Aksi Bela Palestina dan Haul Setahun Gempa Cianjur di Lapang Terminal Pasir Hayam, Sabtu (25/11/2023).


"Bahwa kesedihan mereka adalah duka bagi kita semua," tegasnya.


Menurut Kiai lulusan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, bahwa tugas NU selain sebagai organisasi perkumpulan keagamaan (Jam’iyyah Diniyyah Ijtimaiyyah) juga sebagai organisasi yang fokus dalam hal aksi kemanusiaan.


"Karenanya NU akan selalu hadir dan terdepan dalam mengawal agenda-agenda kemanusiaan dan kebangsaan sesuai dengan apa yang pernah disampaikan (Alm) KH. Abdurahman Wahid atau Gusdur bahwa yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan," tutup Kiai pengasuh Pondok Pesantren Al-I'tishom Warungkondang.


Sementara itu, Ketua NU Peduli Kemanusiaan Cianjur, Jamiludin mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan aksi kemanusiaan solidaritas aksi bela Palestina dan haul setahun gempa yang diisi dengan kegiatan do’a bersama lintas agama dan konser amal serta penggalangan donasi.


"Selain do’a bersama, kegiatan ini juga ada konser amal yang diisi oleh beberapa artis religi Nasional seperti Syakir Daulay, Ikbal Aksi Indosiar, Irfan Ilusi, dan Asa Band serta penceramah Al Habib Abdullah Al-Habsyi da’i Nasional Trans TV," kata Jamiludin kepada NU Online Jabar.


Kang Jamil sapaan akrabnya menyatakan, bahwa kepanitiaan kegiatan ini melibatkan unsur Lembaga dan Badan Otonom (Banom) di lingkungan PCNU Kabupaten Cianjur yang sangat antusias terhadap kegiatan tersebut.


"Adapun peserta aksi solidaritas bela Palestina dan haul setahun gempa ini dihadiri oleh ribuan peserta yang terdiri dari keluarga besar jam’iyyah dan jama’ah NU, ormas Islam, para ulama, kiai, tokoh masyarakat, pemuka lintas agama, OKP, pemuda, mahasiswa, santri, pelajar serta seluruh masyarakat umum di Kabupaten Cianjur," ungkapnya.


Secara khusus, kang Jamiludin menyebut bahwa kegiatan ini tanpa melihat agama, suku, ras dan golongan yang hadir dan berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Karena menurutnya kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan masyarakat Kabupaten Cianjur yang ingin memberikan do’a terbaik untuk bangsa Palestina.


"Ini dilakukan sebagai wujud nyata solidaritas terhadap sesama umat manusia sebagai makhluk Allah SWT yang wajib untuk dibela, duka Palestina duka kita semua," tuturnya menjelaskan.


Selain itu, Kang Jamil yang juga Wakil Ketua PCNU Cianjur menuturkan, semua elemen anak bangsa khususnya warga masyarakat harus bersatu tidak melihat agama, ras, suku, dan yang lainnya. "Hal ini semua dilakukan demi kemanusiaan dan upaya menjaga perdamaian dunia, karena ini adalah perintah tuhan yang maha Esa Allah SWT dan amanat UUD 1945," imbuhnya menjelaskan.


Sebagai tambahan informasi, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sodaqoh NU (LAZISNU) PBNU, PWNU dan PCNU Kabupaten Cianjur melakukan penggalangan donasi untuk korban bencana kemanusiaan Palestina dan juga korban bencana gempa bumi Cianjur yang saat ini sebagian masih sangat mengkhawatirkan.


Bagi yang akan ikut serta meringankan beban saudara kita di Palestina bisa transfer melalui Bank BJB Syariah dengan nomor rekening 5030206017900 atas nama Lazisnu Cianjur atau cash bisa konfirmasi langsung ke nomor WA Ketua Lazisnu Cianjur KH Abdullah Syakir 081563729396


Cianjur Terbaru