Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Pangandaran

Kemenag Pangandaran Minta Pelajar NU Kuatkan Moral dan Intelektual

Kepala Kemenag Pangandaran (Paling Kiri) dan Kang Idham Arsyad (Paling Tengah). (Foto: NU Online Jabar/Sandy)

Pangandaran, NU Online Jabar

Kepala Kemeneterian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran Badruzzaman meminta anggota pelajar Nahdlatul Ulama terus menguatkan moral berbudi pekerti yang luhur dengan intelektualitas yang tajam. Menurutnya, kemajuan sebuah peradaban berawal dari generasi muda yang senantiasa menguatkan iman dan taqwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

"Para pelajar sekalian mesti meyakini bahwa maju mundurnya peradaban tergantung pada potensi Sumber Daya Manusia (SDM). Potensi SDM akan maksimal manakala ditopang oleh pendidikan yang maju. Terutama pendidikan dalam penguatan Imtak dan Iptek. Antara pendidikan dan peradaban merupakan dua hal yang berbanding lurus," kata Kepala Kemenag Pangandaran saat mengisi sambutan pelantikan Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU 2021-2023 di Gedung Islamic Center, Kamis (10/11/2022).


Baca Juga:
Resmi Dilantik, Pimpinan Cabang Pelajar NU Pangandaran Siap Progresif dalam Berkhidmah

 

Lebih lanjut Ia menyampaikan mengenai beberapa upaya pelajar dalam memajukan bangsa yaitu berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman, giat belajar dan tidak mudah putus asa dan meningkatkan rasa solidaritas serta empati terhadap sesama. Tiga poin diatas menurutnya adalah kontribusi pelajar yang paling nyata dalam membangun peradaban berkemajuan.

 

“Untuk mencapai kemajuan bermula dari kemauan untuk merubah. Kemauan untuk merubah inilah yang kemudian menjadi manifestasi gerakan kemajuan yang signifikan bila diimbangi penguatan karakter moral yang baik dan pengetahuan intelegensi umum yang tajam,” tutupnya.

 

Acara yang melibatkan banyak tamu undangan dari mulai aparatur pemerintah hingga badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus organisasi kemasyarakatan lainnya turut mendukung penuh apa yang digagas pelajar NU Pangandaran dalam suasana pelantikan.


Baca Juga:
 Khutbah Jumat Bahasa Sunda: Sipat Jalma anu Sampurna (Insan Kamil)

 

Pelbagai sambutan tamu undangan turut mengapresiasi dan bangga dengan tema yang diusung dalam momen pelantikan yaitu Transformasi Pelajar NU Milenial Membangun Pangandaran Berkemajuan.

 

Selepas pelantikan, acara dilanjutkan dengan seminar pelajar yang diisi oleh dua tokoh inspiratif yang sangat menginspirasi. Keduanya adalah Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, H Badruzaman dan Staf Khusus Wakil Ketua DPR RI, Idham Arsyad. Sebelumnya, PC IPNU-IPPNU Pangandaran juga telah menyelenggarakan Lomba Cipta Karya Cerpen Antar SLTA se-Kabupaten Pangandaran. Dari kompetisi ini, telah terjaring puluhan karya cerita pendek yang diciptakan oleh para pelajar SLTA di Pangandaran.

 

Pewarta: Sandy Rizki
Editor: Agung Gumelar

Editor: Agung Gumelar