• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 28 Mei 2024

Sumedang

Isi Bulan Ramadhan, PSNU Pagar Nusa Sumedang Buka Kajian Kitab Kuning dan Pengisian Jurus

Isi Bulan Ramadhan, PSNU Pagar Nusa Sumedang Buka Kajian Kitab Kuning dan Pengisian Jurus
Flayer kajian PSNU Pagar Nusa Sumedang
Flayer kajian PSNU Pagar Nusa Sumedang

Sumedang, NU Online Jabar
Dalam rangka mengisi berkah bulan suci Ramadhan, Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa
Kabupaten Sumedang telah merencanakan pelaksanaan pesantren kilat yang kaya akan kajian kitab kuning. 


Pesantren kilat yang juga dikenal sebagai "Pasaran Ramadhan" ini dijadwalkan untuk menyajikan berbagai kajian mendalam tentang kitab-kitab kuning dan tulisan para ulama terdahulu.


Dengan tema "Urang Butuh Elmu, Elmu Teu Butuh Ka Urang, Ngakar Ka Jagat Ngapung Ka Langit," kegiatan Pasaran Ramadhan PSNU Sumedang ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar semakin giat dalam mencari ilmu. 


Pembina PSNU Pagar Nusa Sumedang, Muhammad Amin Munawwir, menjelaskan bahwa ilmu tidak akan datang dengan sendirinya kepada manusia, melainkan harus dicari dengan tekun.


"Selain itu dengan tema 'Ngakar ka jagat', kita juga harus mengakar layaknya akar pohon yang menyatu dengan jagat raya. Begitupun manusia jika semangat belajarnya tinggi, dia akan mengakar (membumi) akan memberi kehidupan yang subur karena ilmu yang dimilikinya," paparnya.


Muhammad Amin juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat seseorang melalui ketaqwaan, sebagaimana yang disimbolkan dengan ungkapan "Ngapung Ka Langit". 


“Semakin tinggi ilmu seseorang, semakin luas juga jiwa dan raganya, seperti halnya padi yang menjulang tinggi. Kami sengaja memilih tema tersebut dalam Pasaran Ramadhan tahun ini untuk mengingatkan dan memotivasi umat Islam," ujar Muhamad Amin, Ahad (10/3/24).


Pesantren kilat PSNU Pagar Nusa Sumedang direncanakan akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 Ramadhan, bertempat di Markas Komando Ponpes Al-Ba’ats Dusun Cimasuk Desa Pamulihan Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.


Ada beberapa kitab kuning yang akan dipasarankan diantaranya: 
1.    Kitab Bajuri
2.    Kitab Tijan
3.    Kitab Sabilus salikin
4.    Kitab Madirus salikin
5.    Kitab Sumsum Anwar
6.    Kitab Harfun Hijaiyah
7.    Kitab Syamsul Ma’arif
8.    Kitab Dalailul Khoirot
9.    Kitab Tarikh Tajwid
10.    Kitab Tafsir Jalalen


Di Pasar Ramadhan PSNU Pagar Nusa Sumedang, terdapat keunikan yang tidak hanya berkutat pada pembahasan kitab kuning semata. Pasar Ramadhan ini juga menyajikan materi-materi Pencak Silat dari berbagai tingkat, mulai dari tingkat dasar (STK, SD A dan B), menengah (SMP A dan B), hingga tingkat lanjutan (SMA A dan B), bahkan hingga materi yang diajarkan di perguruan tinggi dalam ranah Pencak Silat Pagar Nusa. 


“Kami juga akan memberikan jurus dan asma-asma yang ada di Pagar Nusa untuk pemyeimbang dalam bela diri, sebab di Pagar Nusa sita ini adalah Pagar nya NU dan Bangsa,” tegas Muhammad Amin.


Untuk Jurus dan Asma yang akan disampaikan kepada para peserta pasaran diantaranya:
1.    Jurus Asma Tingkat 1,2, dan 3
2.    Asror Syahadat
3.    Asror Fatihah
4.    Asror Ayat Qursi
5.    Asror Sholawat
6.    Asma Biryahil
7.    Asma Umi Musa
8.    Asma Quru
9.    Asma Aura Badan
10.    Asma Rizqi
11.    Asma Rahayu
12.    Asma Suryani
13.    Asma Kardadin
14.    Asma Muluk


Salah satu Pelatih yang telah lulus dari Pelatihan Nasional (PELATNAS) Pagar Nusa di Sumedang, Ahmad Fahmi, mendorong seluruh elemen masyarakat Jawa Barat, khususnya di Sumedang, untuk bergabung dan berpartisipasi dalam Pasar Ramadan ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjadikan bulan suci Ramadan lebih bermanfaat dengan mempererat tali silaturahmi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.


Pasar Ramadan yang diselenggarakan oleh PC PSNU Pagar Nusa Sumedang ini terbuka untuk umum. Masyarakat yang berminat untuk berpartisipasi dapat mendaftar dengan menghubungi melalui kontak WhatsApp yang tercantum di bawah ini:


​​​​​​​Nanda    (087726819894)
Fahmi    (085559310843)
Ega    (083897729595)

Pewarta: Helmi Fauzi


Sumedang Terbaru