• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 23 Mei 2024

Sumedang

GP Ansor Tanjungsari Bareng Komunitas Bobotoh Berbagi Sembako untuk Masyarakat Kurang Mampu

GP Ansor Tanjungsari Bareng Komunitas Bobotoh Berbagi Sembako untuk Masyarakat Kurang Mampu
Kegiatan berbagi GP Ansor dan Komunitas Bobotoh Tanjungsari, Sumedang. (Foto: NU Online Jabar)
Kegiatan berbagi GP Ansor dan Komunitas Bobotoh Tanjungsari, Sumedang. (Foto: NU Online Jabar)

Sumedang, NU Online Jabar
Gerakan Pemuda Ansor Pimpinan Anak Cabang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang melaksanakan kegiatan bagi-bagi sembako kepada masyarakat kurang mampu secara ekonomis dan tidak termasuk dalam data penerima bantuan dari pemerintah setempat. 

 

Gerakan bagi sembako ini di inisiasi oleh beberapa organisasi kepemudaan yang ada di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, tepatnya dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Tanjungsari Sumedang yang berkolaborasi dengan Viking Badbultz dan Bodas Bulao Tanjungsari (Komunitas Bobotoh Tanjungsari)

 

Kegiatan ini di gagas atas dasar kesadaran serta bacaan terhadap realita kehidupan di tengah-tengah masyarakat, bahwa masih banyak masyarakat yang kurang mampu namun tidak terjamah oleh pemerintah dalam konteks bantuan ekonomis yang terjamin. 

 

Gerakan ini adalah salahsatu bentuk nyata bahwa ansor tanjungsari hadir sebagai upaya dalam memikirkan persoalan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat supaya terlahirnya kemaslahatan ummat, sehingga masyarakat tidak perlu lagi terbebani memikirkan "Hari Raya Masak Apa?"

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mesjid At-Taqwa Rw 04 Desa Jatisari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang pada hari Selasa, 9 April 2024 M / 29 Ramadhan 1445 H tepatnya sehari sebelum hari raya lebaran idul fitri. 

 

Dalam kegiatan baksos tersebut Ansor Tanjungsari memberikan 1 paketan sembako kepada masyarakat kurang mampu yaitu 1 paket per KK. Paketan bantuan tersebut berbentuk 5kg Beras dan 2 liter minyak goreng. 

 

Hal tersebut sengaja dilaksanakan mengingat masyarakat sedang membutuhkan untuk olahan makanan ataupun cemilan untuk di hidangkan pada hari raya, yaitu esok harinya setelah pembagian. 

 

Kegiatan bagi-bagi sembako ini menjadi suatu program tahunan yang dilaksanakan PAC Ansor Tanjungsari Sumedang yang selalu hendak dilaksanakan menjelang lebaran, juga menjadi rutinitas untuk kokohnya tali persaudaraan antar ormas, khususnya pada organisasi kepemudaan yang ada di tanjungsari. 

 

"Alhamdulillah kami sudah melaksanakan kegiatan rutinitas bagi sembako ini hampir 3 tahun kebelakang, yang harapannya dapat membantu masyarakat, sehingga masyarakat senang dalam menyambut hari raya lebaran, dan dapat membuat olahan makanan,” ujar Ketua GP Ansor Tanjungsari Jamaludin Basri.

 

“Pelaksanaan teknis bagi sembako ini di gelar dalam satu masjid, masyarakat dikumpulkan dan di berikan pemaparan niat baik kami dan sahabat-sahabat dari bobotoh Viking Badbultz Tanjungsari,” tambahnya.

 

“Secara tidak langsung dalam hal ini kami telah membantu pemerintah dalam ikhtiar mengatasi kemiskinan yang ada ditengah masyarakat kita, sehingga keberadaan pemuda di masyarakat sangat berdampak positif,” tandasnya.


Sumedang Terbaru