• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 19 April 2024

Nasional

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

Mustasyar PBNU Ungkap Dua Golongan Orang yang Harus Ditolong

Mustasyar PBNU Ungkap Dua Golongan Orang yang Harus Ditolong
Mustasyar PBNU Ungkap Dua Golongan Orang yang Harus di Tolong
Mustasyar PBNU Ungkap Dua Golongan Orang yang Harus di Tolong

Jakarta, NU Online Jabar
Salah seorang Mustayar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak menjelaskan bahwa ada dua kelompok orang yang harus di tolong. Pertama orang-orang yang dizalimi dan yang kedua adalah orang-orang yang mendzalimi. Hal tersebut diungkap dalam video tausiyahnya yang di upload melalui akun facabook resmi miliknya, Zakky Mubarak Syamrakh, Kamis, (18/1/2024). 


Dalam video berdurasi 1 menit 45 detik tersebut kiai Zakky mengutip salah satu hadits Rasulullah Saw: 


انْصُرْ أَخَاكَ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُومًا


Artinya: "Berikanlah pertolongan kepada saudaramu baik yang berbuat zalim ataupun yang dizalimi"


Kiai Zakky sapaan akrabnya mengatakan bahwa para sahabat sempat memahami tentang membela atau menolong orang yang dizalimi dan bertanya mengenai bagaimana maksudnya menolong orang yang dzalim.


"Para sahabat bertanya, Rasulullah bagaimana cara menolong orang yang zalim? Kata nabi, Kamu stop dia dari kezalimannya, Dzalika nasruhu, itulah cara menolong. Terus kita kasihani kedua-keduanya yang didzalimi harus kita kasihani ditolong dengan baik, yang mendzalimi kita kasihani supaya tidak terus menerus berbuat dzalim, kasihan," katanya.


"Dengan apa kata Nabi? Stop kezalimannya dengan itulah cara menolongnya, Ini kalimat yang sangat baik, bijak, yang bisa kita sampaikan kepada sesama saudara-saudara, sehingga dua kelompok ini patut mendapatkan pertolongan dari kita," pungkasnya.


Nasional Terbaru