Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Kunjungi Mesir, LDNU Jabar Jalin Kerjasama dengan Al-Azhar akan Gelar Pelatihan Dakwah

Kunjungi Mesir, LDNU Jabar Jalin Kerjasama dengan Al-Azhar  akan Gelar Pelatihan Dakwah
Kunjungi Mesir, LDNU Jabar Jalin Kerjasama dengan Al-Azhar akan Gelar Pelatihan Dakwah. (Foto: H Jamil Abdul Latief).
Kunjungi Mesir, LDNU Jabar Jalin Kerjasama dengan Al-Azhar akan Gelar Pelatihan Dakwah. (Foto: H Jamil Abdul Latief).

Mesir, NU Online Jabar
Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jawa Barat H Jamil Abdul Latief mengunjungi Mesir selama seminggu 14-21 Maret 2022 dalam rangka mendampingi calon mahasiswa baru Indonesia ke Universitas Al-Azhar.  Dalam kesempatannya itu, ia diamanahi oleh ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jabar KH Juhadi Muhammad untuk mengadakan hubungan kerjasama dengan Al-Azhar.


“Saya juga mendapat Misi dari ketua PWNU untuk mengadakan hubungan kerjasama dengan Al-Azhar kebetulan salah satu program unggulan PW LDNU Jabar tahun ini adalah Tadribuddua. Inti dari tadribuddua ini adalah pelatihan da’i dan da’iah atau pengiriman da’i dan da’iah dari Jawa Barat ini untuk bisa dibekali tentang wasatiyatul islam atau moderasi islam dari para masayikh dan ulama-ulama Al-Azhar,” katanya. 


Selama di mesir Jamil mengadakan beberapa kunjungan ke tokoh ulama kharismatik setempat, kunjungan pertamanya yaitu ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo yang dalam hal ini ditemui oleh bapak Mukhlason Jalaludin.


“Beliau salah satu senior kami di Al-Azhar dan beliau bekerja sebagai lokal staff di KBRI Kairo, selain itu beliau juga menjabat sebagai Rais Syuriyah PCINU Mesir. Saya berdiskusi terkait tantangan dakwah di jawa barat dan juga minta bantuan dari KBRI agar berkenan ketika kita melaksanakan program tadribu duat atau bekerjasama dengan Al-Azhar bisa di fasilitasi oleh KBRI atau oleh beliau, dan beliau siap memfasilitasi untuk hubungan kerjasama LD PWNU Jawa Barat dengan Al-Azhar Mesir,” tuturnya.


Selanjutnya, Jamil  melakukan kunjungan silaturahim ke rumah salah satu tokoh ulama kharismatik Al-Azhar Syekh Zakariya Muhammad Marzouk Al-Husaini. 


“Beliau adalah salah satu tokoh yang seringkali datang ke Indonesia bahkan salah satunya ke tempatnya PWNU kita Kiai Juhadi dan beberapa tempat pesantren di Indonesia. Saya sampaikan minta tolong agar bisa menjadi narasumber jika nanti ada pengiriman pelatihan da’I dan da’iah ke Mesir, dan beliau sangat senang dengan tawaran tersebut, dan akan menyambungkannya ke ulama-ulama kharismatik lainnya dan beliau siap membantu sebagai mitra,” ujarnya.


Memanfaatkan kesempatan tersebut, Jamil lanjut berkunjung ke salah satu tokoh akademisi Dr Mustofa Dasuki salah satu pakar penceramah yang kompetensinya kefakarannya di dunia ekonomi islam dan wakaf.


“Kunjungan saya ke Dr Mustofa untuk bisa membantu bekerjasama dalam program unggulan PW LDNU Jabar yaitu tadribu duat, dan beliau berkenan untuk membantu kita dalam kerjasama,” ungkapnya.


“Harapan dari kerjasama dengan Al-Azhar ini, pertama membentuk kepribadian Da'i dan Da'iah yang berwawasan luas dan berpikiran moderat, dan kedua meraih peluang untuk bisa mengirimkan kader-kader terbaik NU untuk studi di Al-Azhar Mesir,” pungkasnya.


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi
Editor: Abdul Manap

Pewarta: Abdul Manap

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×