• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Nasional

Kompetisi Inovasi Santri 2023, Ikuti dan Daftar di Sini

Kompetisi Inovasi Santri 2023, Ikuti dan Daftar di Sini
Kompetisi Inovasi Santri 2023
Kompetisi Inovasi Santri 2023

Bandung, NU Online Jabar
Dalam semangat peringatan Hari Santri 2023, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerja sama dengan Kementerian Agama RI mengadakan kompetisi inovasi santri atau Santri Innofest 2023. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi inovasi, kolaborasi, dan inspirasi para santri di seluruh Indonesia dan yang tersebar di mancanegara.


Ketua PBNU H Umarsyah menjelaskan bahwa terdapat tiga rangkaian kegiatan dalam Santri Innofest 2023 yakni kompetisi inovasi, konferensi cendekiawan muslim dan eksibisi pendidikan, karir dan wirausaha. 


Acara yang bekerjasama dengan Indonesian Council of Youth Development (ICYD) ini memiliki dua kategori peserta yakni umum dan pelajar. Mereka dapat menciptakan ide inovasi dengan memilih salah satu dari enam topik Sustainable Development Goals (SDGs) yang tersedia yaitu perdagangan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, dan lingkungan (green economy). 


Peserta dapat menyampaikan ide inovasinya dalam bentuk essay atau video mulai dari tanggal 18 September hingga 15 Oktober 2023 (pukul 23:59 WIB) melalui link pendaftaran berikut ini: linktr.ee/santri_innofest.  


Sebanyak 10 ide inovasi akan dipilih dan dilakukan voting pada akun Instagram @santri_innofest. Para finalis akan mendapat sesi mentoring dari para expert sebelum memasuki babak final pada puncak acara Santri Innofest, 31 Oktober 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta. Mereka akan mempresentasikan ide inovasinya di hadapan juri dan pengunjung acara. 


Pada perlombaan ini akan dipilih tiga juara utama, serta Juara Favorit Kategori Umum dan Juara Favorit Kategori Pelajar. Pemenang akan mendapat hadiah total puluhan juta dalam bentuk dana pendidikan dan pembinaan. Juara pertama mendapatkan 20 juta rupiah, juara kedua mendapat 10 juta, dan juara ketiga sebesar 5 juta. Selain itu juga ada juara favorit kategori pelajar dan kategori umum yang masing-masing mendapatkan hadiah sebesar 2,5 juta rupiah.


Nasional Terbaru