KH Tatang Astarudin Diangkat Jadi Anggota BWI 2024-2027, Ini Profil Singkatnya
Sabtu, 18 Mei 2024 | 08:26 WIB
Hasemi Fauziah
Kontributor
Bandung, NU Online Jabar
Pimpinan Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Kota Bandung KH Tatang Astarudin, diangkat sebagai salah seorang Anggota Badan Wakaf Indonesia periode 2024-2027 dari 22 anggota oleh Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (8/5/2024) di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Presiden RI menetapkan pasca pemberhentian dengan hormat terhadap 25 anggota BWI yang menjabat dalam periode 2021-2024.
Sebelumnya, pria yang saat ini menjabat sebagai Katib Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung tersebut juga menjabat sebagai Anggota BWI 2021-2024.
Biografi KH Tatang Astarudin
Melansir website resmi PP Universal, KH Tatang Astarudin merupakan kiai kelahiran Cirebon 26 Mei 1969. Ia adalah putra kedua dari seorang ayah bernama H.R. Soleh Sukari Sukantawirja (keluarga Keraton Kesepuhan Cirebon) dan ibu Hj Umaeroh Husen (puteri seorang tokoh tarekat di Cirebon). dengan kondisi keluarga yang sederhana membuatnya terbiasa dengan gaya hidup bersahaja.
Kiai yang akrab disapa Abi Tatang merupakan seorang suami dari umi Farida Mardiawati kelahiran Indramayu puteri dari KH. Ahmad Sayuti Hasan seorang politisi dan aktivis NU dan Hj. Djaoharotul Mardliyyah Ruhiat, puteri KH. Ruhiat, tokoh NU dan Pendiri Pesantren Cipasung dipilihnya sebagai istri, pendamping hidup kala suka maupun duka.
Pernikahannya dikaruniai empat anak, dua putra (Muhammad Riza Fairuzzabadi dan Ahmad Ruhiat Faqih Falahi) dan dua putri (Vita Ghania NailaTsurayya dan Najma Nawal Rizkia Nurul Izzah). “Sayang” kata penuh makna kerap kali diucapkan sebagai panggilan dambaan hati (baik istri mau pun si buah hati) sekaligus ekspresi kecintaannya kepada keluarga, kata “sayang” diucapkan untuk mewakili perasaan hati dan upaya membangun keharmonisan dalam keluarga.
Sikap demokratis menjadi prinsip selaku kepala keluarga yang selalu mengedepankan musyawarah, sering kali meminta pendapat sang istri untuk mengambil keputusan. Hal serupa dilakukan kepada putra putrinya yang selalu memberi ruang dialog ketika ada keinginan yang bersebrangan. Kesabaran dijadikannya kekuatan dalam membina rumah tangga dan menghadapi segala cobaan yang menerpa. Barangkali tidak berlibihan istilah “sabar tidak ada batasnya” melekat pada dirinya.
Sejak kecil, Abi Tatang dibesarkan dilingkungan keluarga taat beragama disertai nasehat orang tua “kamu tidak boleh jauh dari pesantren” menjadi alasan mengapa beliau keluar-masuk pesantren, semasa kecil menghabiskan waktu meregup madu ilmu di pesantren menjadi wasilah kedalaman dan keluasan ilmu agama yang dikuasainya. Pesantren Buntet Cirebon, Pesantren Jagasatru Kesepuhan Cirebon, Pesantren Aql-Munawwir Krapyak, dan Pesantren Cipasung Tasikmalaya menjadi saksi bisu tempat menempa diri.
Keilmuan yang didapat tidak hanya dari pesantren tapi juga bersumber dari pendidikan formal, beliau mengenyam Sekolah Dasar (SD) dikampung halamannya, Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, melanjutkan ke SMP Islam di Buntet, MAN Mertapada dan PGAN Cirebon. Tidak selesai sampai disitu, beliau melanjutkan pendidikan tinggi (S1) Jurusan Peradilan Agama IAIN Sunan Kalijaga dan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), program Magister (S2) jurusan Demigrafi Universitas Gajah Mada (UGM), dan program Doktor (S3) konsentrasi Hukum Bisnis Universitas Padjajaran (UNPAD). Dua lembaga pendidikan (formal dan nonformal) disertai pendidikan dalam keluarga (informal) memberikan kontribusi cukup besar terbentuknya cakrawala berpikir dan keilmuan yang luas diimbangi kepribadian yang baik (akhlak mulia).
Semasa muda dikenal seorang aktivis, semangat belajar yang tidak pernah pudar membuatnya tertarik mengikuti berbagai organisasi sebagai upaya mengaktualisasikan potensi diri. Kendati usia terus menua, kegemarannya terhadap organisasi terus berlanjut hingga saat ini, organisasi seolah dijadikannya sebagai “kawah candradimuka”.
Abi Tatang pernah menduduki sejumlah jabatan aktif antara lain Wakil Ketua Tanfidziyyah Nahdlatul Ulama (NU), Wakil Ketua Forum Pondok Pesantren (FPP) Kota Bandung, Ketua Lembaga Wakaf Nahdhatul Ulama (LWPNU) Jawa Barat, Anggota Komisi Hukum dan Perundang-undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Anggota Dewan Pakar ICMI Jawa Barat, Anggota Bidang Zakat dan Wakaf, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat, Sekretaris Badan Wakaf Indonesia (BWI) Jawa Barat, Katib Syuriah PCNU Kota Bandung, Ketua senat Universitas dan Direktur program Pasca Sarjana Universitas Kiai Haji Ruhiyat (UNIK) Cipasung, Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami Bandung.
Proses yang panjang di organisasi telah mengasah jiwa kepemimpinan (leadership), hal ini ditandai kecakapannya sebagai Ketua Yayasan Suwargi Buana Djati yang tengah dikembangkan. Yayasan Suwargi Buana Djati terdapat beberapa lembaga pendidikan seperti Madrasah Aliyah Terpadu (MAT), Pondok Pesantren Al-Kahfi, dan Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami (PPMU).
Dirintisnya sekolah MAT di tempat kelahiran beliau sebagai bentuk rasa keprihatinan atas masyarakat sekitar yang notabene hanya melanjutkan sekolah sampai jenjang Menengah Pertama (SMP), hal ini dikarenakan faktor ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan. Hadirnya sekolah MAT memberi harapan baru sekaligus menjadi solusi bagi masyarakat setempat yang kurang mampu dalam hal ekonomi, pasalnya para siswa dapat menyelesaikan pendidikan tanpa dipungut biaya.
Proses pembelajaran di sekolah MAT sama seperti pada umumnya yang memadukan dua lembaga pendidikan (sekolah dan pesantren), disamping kegiatan belajar pada siang hari di sekolah, siswa juga tinggal di pesantren untuk belajar ilmu agama diluar jam sekolah. Hal ini dilakukan sebagai upaya pembekalan keilmuan, agar para siswa tidak hanya menguasai ilmu yang sifatnya umum tapi juga mendalami ilmu agama.
Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami berbeda lokasi dengan Pesantren Al-Kahfi, yaitu bertempat di Jl. Kelurahan Cipadung No.1 RT 03 RW 08 Kota Bandung 40614 (sekaligus tempat kediamannya) yang tengah dirintis sejak tahun 2010. Kegelisahan atas kondisi lingkungan sekitar kediamannya menjadi alasan awal mula merintis PPMU. Harapan PPMU dirintis agar supaya menjdi center of exellence dalam pengkajian dan pengamalan nilai-nilai keislaman Inklusif-Transformatif-Emansipatoris yang berorientasi mewujudkan kemaslahatan universal. PPMU hadir memberi spirit keagama yang luwes dan akomodatif terhadap berbagai realitas sosial dan kearifan lokal di sekitarnya, disamping juga memberikan paham keagamaan yang moderat dan inklusif.
Perjalanan panjang ketika merintis yang tidak selalu mulus dilalui dengan penuh kesabaran dan kerendahan hati, jalan sunyi dijadikan sebagai prinsip perjuangan dalam berdakwah untuk menghindari perdebatan (konfrontatif), cara pandang yang mendamaikan selalu dijadikan solusi dalam menyikapi setiap kegaduhan. Sikapnya yang ramah, tutur katanya yang santun serta gaya kepemimpinan yang demokratis dan karismatik selalu menjadi panutan para santri.
Pendekatan humanistik yang diterapkan dalam mengajar terlihat pada upaya penguatan kognitif dan apektif agar para santri memiliki penguasaan ilmu pengetahuan disertai kepekaan terhadap lingkungannya, disamping juga kehadirannya dirindukan. KH. Tatang Astarudin bukan tipikal yang betah hidup berlebih-lebihan ditengah para santri yang kerap kali membutuhkan bantuan, kesulitan santri dirasakan sungguh-sungguh untuk kemudian memikirkan solisi bagi pemecahannya.
Terpopuler
1
Saat Kata Menjadi Senjata: Renungan Komunikasi atas Ucapan Gus Miftah
2
Susunan Kepanitiaan Kongres JATMAN 2024: Ali Masykur Musa Ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana
3
Sungai Cikaso Meluap Akibat Tingginya Intensitas Hujan, Ratusan Rumah Terendam hingga Sejumlah Kendaraan Terbawa Arus
4
STKQ Al-Hikam Depok Gelar Lomba MHQ dan Debat Internasional, Ini Cara Daftarnya
5
Tanah Bergerak di Kadupandak Cianjur: LPBINU Jabar Turun Tangan Bantu Korban
6
Keabsahan Mukena Bermotif dan Warna-Warni dalam Ibadah Shalat
Terkini
Lihat Semua