Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Jadi Dai di Perbatasan, Berikut Cara Daftar dan Syarat yang Ditentukan Kemenag

Jadi Dai di Perbatasan,  Berikut Cara Daftar dan Syarat yang Ditentukan Kemenag
Kantor Kementerian Agama RI. (Foto: NUO).
Kantor Kementerian Agama RI. (Foto: NUO).

Jakarta, NU Online Jabar
Subdit Dakwah dan Hari Besar Islam (HBI), Direktorat Penerangan Agama Islam Kemenag sedang membuka pendaftaran program Dai Perbatasan. Nantinya, para Dai Perbatasan akan ditempatkan di Kalimantan Barat yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia.


Koordinator Fungsi Dakwah dan HBI, Lubenah mengatakan, program tersebut merupakan tindak lanjut dari Bimbingan teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Penceramah Agama yang dilakukan sejak 2020.  


"Kami menargetkan, program Da’i Perbatasan menjadi harmonisasi dakwah di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), serta menjadi cermin aplikasi nilai-nilai agama dan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat," ungkapnya yang dilansir dari nu.or.id.


Ia menjelaskan, Dai yang terpilih dalam program ini diharapkan memberikan pemahaman dalam pengamalan ajaran agama Islam dan nilai-nilai multikultural, agar tercipta moderasi kehidupan beragama dan bernegara dengan baik.


Dalam kesempatan yang sama, Lubenah juga mengungkapkan, masyarakat muslim di perbatasan berperan penting dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional, serta menjaga ketahanan moralitas masyarakat beragama.  


"Wilayah perbatasan juga berfungsi mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat di sekitarnya dan penjaga persatuan bangsa," ungkapnya.  


Hadirnya program ini, sambungnya, bertujuan menciptakan ekosistem masyarakat Islam yang mampu berdaya berdasarkan kearifan lokal.


Berdasarkan Undang-Undang No. 43 tahun 2008 tentang Wilayah Negara, terang dia, Indonesia memiliki perbatasan darat internasional dengan tiga negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste.


Sedangkan di laut, perairan Indonesia berbatasan dengan 10 negara tetangga yakni, India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua Nugini.


“Untuk menjaga keharmonisan bertetangga antarnegara tentu kita harus mencerminkan nilai-nilai agama yang moderat. Karenanya kami memanggil para Da’i di seluruh Indonesia untuk menyukseskan program ini,” pungkasnya.  


Untuk informasi, rekrutmen Da’i Perbatasan selengkapnya bisa mengklik tautan http://rebrand.ly/Pendaftaran Dai Perbatasan.  


Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×