• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 23 Mei 2024

Nasional

Harlah 101 NU, Presiden Jokowi Resmikan UNU Yogyakarta

Harlah 101 NU, Presiden Jokowi Resmikan UNU Yogyakarta
Peresmian gedung UNU Yogyakarta pada puncak Harlah ke-101 NU, Rabu (31/1/2024) di kampus UNU Yogyakarta, Kota Yogyakarta. (Foto: NU Online)
Peresmian gedung UNU Yogyakarta pada puncak Harlah ke-101 NU, Rabu (31/1/2024) di kampus UNU Yogyakarta, Kota Yogyakarta. (Foto: NU Online)

Bandung, NU Online Jabar
Puncak Harlah Ke-101 Nahdlatul Ulama berlangsung di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Rabu (31/1/2024). 


Puncak Harlah Ke-101 NU ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadi Tjahjanto dan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Muhammad al-Mazrouei Husein.


Peringatan puncak Harlah 101 NU diperingati sekaligus peresmian gedung UNU Yogyakarta yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 


Jokowi menginginkan, UNU Yogyakarta. disiapkan untuk menjadi luar biasa dan menjadi lokomotif lompatan kemajuan bagi lembaga pendidikan tinggi NU secara nasional.


“Singkatnya ide UNU Jogja ini menjadi lokomotif kemajuan pendidikan NU itu disepakati. Kita sepakat saat itu. Bulan Agustus 2020, kita mulai melangkah,” terangnya.


Menurutnya, sebagai lokomotif kemajuan pendidikan, UNU Yogyakarta tidak boleh hanya bangga pada gedungnya. Yang utama adalah bangga pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta bangga terhadap pendidikan unggulnya untuk mencetak intelektual Nahdliyin yang kompetitif di dunia profesional dan sukses sebagai entrepreneur. 


Jokowi mengaku kaget ketika berada di UNU Yogyakarta, mahasiswanya Ada yang belajar mengenai robotik, bitcoin, reksadana, saham, serta investasi. “Betul-betul sebuah lompatan, juga belajar mengenai artificial intelligence,” imbuhnya. 


“Dan yang lebih penting dari gedung menurut saya adalah bantuan beasiswa dan dosen untuk riset di bidang yang sangat strategis ke depan yaitu masyarakat masa depan, future society, dan juga bioteknologi, serta artificial intelligence. Ini ilmu yang harus juga kita ketahui dan harus mempunyai basic di sini,” ujarnya.


Menurutnya, universitas-universitas besar di dunia saja belum tentu memiliki program studi baru, seperti UNU Yogyakarta milik PBNU. “Mereka melakukan lompatan jauh ke depan dan memiliki studi mengenai ini. Oleh karena itu hari ini juga akan diadakan Kick Off Pembangunan MBZ College of Future Studies, Sekolah Pascasarjana dengan fokus kajian masa depan, sebagai inisiatif kunci untuk menunjukan kesiapan kita menyongsong masa depan,” pungkasnya.
 


Nasional Terbaru