Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Habib Hasanain bin Muhammad Yahya Jelaskan Ulama Su' di Halaqoh Wulanan JATMAN Kota Cirebon

Habib Hasanain bin Muhammad Yahya Jelaskan Ulama Su' di Halaqoh Wulanan JATMAN Kota Cirebon
Halaqah Wulanan JATMAN Kota Cirebon, Sabtu (15/1). (Foto: Syam Iqna).
Halaqah Wulanan JATMAN Kota Cirebon, Sabtu (15/1). (Foto: Syam Iqna).

Cirebon, NU Online Jabar
Idarah Syu'biyah Jam'iyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) Kota Cirebon, menggelar Halaqoh Wulanan bertempat di Pondok Pesantren Jagasatru Kota Cirebon, Sabtu, (15/1). Kegiatan bulanan tersebut dihadiri oleh Idarah Syu'biyah JATMAN Kota Cirebon, Ketua PCNU Kota Cirebon, Ketua MUI Kota Cirebon, ANSOR Kota Cirebon, Banser Kota Cirebon, MATAN Cirebon, PK MATAN IAIN Cirebon dan Banom-banom NU se-Kota Cirebon serta jamaah Nahdliyyin lainnya. 

 

Dalam diskusi yang digelar satu bulan sekali itu, Al Habib Hasanain Bin Muhammad Yahya selaku Pengasuh Pondok Pesantren Jagasatru Kota Cirebon menuturkan, penjelasan ulama mengenai su' dan bagaimana cara memilih guru yang baik.

 

"Sesungguhnya ulama tidak su', ulama su' itu karena ada beberapa faktor baik niat dan segala macam, beliau dinamakan ulama su' memang ada, tetapi ulama yang asli itu baik," tuturnya. "Ulama yang baik ialah ketika kita merasa nyaman, dan ketika kita keluar dari majelisnya dan hati kita tidak timbul rasa benar sendiri, ditambah kita takut kepada Allah maka itu ulama yang baik," jelas kiai yang juga selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cirebon tersebut.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kiai Ahmad Mujtahid Lafif selaku Mudir Awwal JATMAN Kota Cirebon bertutur, tujuan kita mengaji yakni untuk mawas diri bukan untuk benar sendiri

 

"Niat ngaji untuk mawas diri, bukan untuk saling menyalahkan orang lain. Jadi ngaji itu ngaji diri, ngaji rasa kata orang jawa ora ngaji ora aji ora sakti." Cakap Pengasuh Pondok Pesantren Az-Ziyadah Kota Cirebon itu.

 

Perlu diketahui, kegiatan tersebut diawali dengan tawasul, istighosah, Ratib al-Haddad dan sholawat thoriqoh ini berlangsung dengan sejuk dan damai karena diakhiri dengan ngaji kitab Ad-Da'watut Tammah karangan Habib Abdullah Bin Alawi Al-Haddad dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab.

 

Pewarta: Khumaedi NZ
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×