Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

PMII Syamsul 'Ulum Gelar RTK dan Pemekaran Komisariat, Mbah Mufa; Ikhtiar Kaderisasi dan Pergerakan

PMII Syamsul 'Ulum Gelar RTK dan Pemekaran Komisariat, Mbah Mufa; Ikhtiar Kaderisasi dan Pergerakan
PMII Syamsul 'Ulum Gelar RTK dan Pemekaran Komisariat, Mbah Mufa; Ikhtiar Kaderisasi dan Pergerakan. (Foto: Amus Mustaqim).
PMII Syamsul 'Ulum Gelar RTK dan Pemekaran Komisariat, Mbah Mufa; Ikhtiar Kaderisasi dan Pergerakan. (Foto: Amus Mustaqim).

Sukabumi, NU Online Jabar
Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Syamsul 'Ulum Cabang Kota Sukabumi menggelar Rapat Tahunan Komisariat (RTK) di Aula Desa Sukaraja pada Kamis, (07/07). Ketua Majelis Pembina Komisariat, Mu'idul Fitri Athoillah mengungkapkan, PMII harus tetap konsisten pada prinsip nilai Alhlussunnah wal Jama'ah, memaknai perubahan sebagai peluang untuk memajukan kaderisasi.


"Penyebaran nilai-nilai ahlusunnah waljamaah harus terus dilakukan, dengan penyesuaian pada kondisi setiap zamannya "al-muhafadhotu ‘ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah". Ini yang harus tetap dipegang oleh PMII, maka memaknai perubahan sebagai peluang untuk memajukan kaderisasi dan reformulasi gerakan," ungkapnya.


Pria yang akrab disapa Mbah Mufa sapaan akrabnya juga menanggapi terkait adanya pemekaran. Menurutnya, hal tersebut sebagai ikhtiar kaderisasi mamaksimalkan sumber daya anggota, kader dan alumni


"Jadikan pemekaran ini sebagai ikhtiar kaderisasi dan pergerakan kita. Pemaksimalan sumber daya anggota, kader serta alumni. Yang paling penting, bagaimanapun kondisinya kita berangkat dari satu landasan pijak yang sama yaitu "Syamsul Ulum", " tegasnya.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana, Moh Farhan Annuri menjelaskan bahwa pada momentum RTK tersebut ada 3 bentuk pekerjaan organisasi diantaranya evaluasi, orientasi dan suksesi


"RTK merupakan momentum sakral yang perlu diikuti oleh seluruh anggota dan kader. Karena di dalamnya memuat soal evaluasi kepengurusan melalui pertanggung jawaban pengurus periode 2021-2022. Kemudian orientasi organisasi kedepan diantaranya dilakukan pemekaran Komisariat karena selama ini PMII di Syamsul 'Ulum berada di dua Kampus namun masih dalam satu Yayasan, hari ini kita cetak sejarah baru di dua kampus tersebut masing-masing dibentuk kepengurusan demi kemajuan organisasi tentunya," jelasnya.


Adapun untuk suksesi, sambungnya, RTK juga melahirkan kepemimpinan baru untuk kepengurusan satu tahun kedepan.


"Bedanya kalau momen-momen sebelumnya hanya memilih satu ketua komisariat, hari ini kita melahirkan dua kepemimpinan yang terpilih yaitu Muhammad Taufiq Yanuar sebagai Ketua Komisariat PMII STAI Syamsul 'Ulum dan sahabat Moh. Rizki Apriliana sebagai Ketua Komisariat PMII STISIP Syamsul 'Ulum," tuturnya.


Selain itu, Ketua Komisariat PMII Syamsul 'Ulum, Muhammad Hasbi menyampaikan bahwa momen RTK selain dari pergantian kepengurusan dirinya juka mengaku melalui kepemimpinanya mencetak sejarah baru 


"Sahabat-sahabat ditugaskan untuk melalukan kaderisasi di masing-masing kampus yang kita sebut sebagai pemekaran komisariat. Berdasar pada rumah tangga masing-masing, namun tetap dalam kerangka kerja sama demi kaderisasi yang lebih berkembang," pungkasnya​​​​​​​


Sebagai informasi, acara yang mengusung tema "Terbenam tak menghilang, terbit lebih gemilang demi masa depan PMII lebih cemerlang" tersebut diikuti secara khidmat oleh sebagian besar kader dan anggota PMII Komisariat yang ada di bawah naungan kampus STAI dan STISIP Syamsul 'Ulum Sukabumi.


Pewarta: Amus Mustaqim
​​​​​​​Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

terpopuler

rekomendasi

topik

×