• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Kota Bekasi

GP Ansor Pondokgede Tegaskan Dukung Bekasi Jadi Kota No 1 Toleran Se-indonesia

GP Ansor Pondokgede Tegaskan Dukung Bekasi Jadi Kota No 1 Toleran Se-indonesia
GP Ansor Pondokgede Tegaskan Dukung Bekasi Jadi Kota No 1 Toleran Se-indonesia
GP Ansor Pondokgede Tegaskan Dukung Bekasi Jadi Kota No 1 Toleran Se-indonesia

Kota Bekasi, NU Online Jabar
Bertempat di Pendopo Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar sosialisasi Peraturan Bersama Menteri (PBM) Menteri Agama (Menag) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 8 dan tahun 2006 tentang pedoman Pelaksanaan kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama kepada masyarakat sekitar Kecamatan Pondok Gede pada Selasa (5/9/2023).


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor PondokGede Achmad Qusairy mengatakan, dengan di gelarnya acara FKUB di kecamatan Pondokgede, pihaknya mengajak Ansor Banser dan OKP di wilayah Pondokgede untuk sama-sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) membangun negara ini melalui bidangnya masih-masing, terutama para pemuda Ansor untuk menginisiasi perdamaian dan menciptakan toleransi semakin tumbuh di Pondok gede dan kota Bekasi.


Ia menilai, dengan upaya tersebut semua tokoh agama menjadi simbol toleransi dan kerukunan umat beragama di Kota Bekasi.


Sementara itu, Wakil Ketua GP Ansor Pondokgede Fauzi Firmansyah berharap agar walikota Bekasi Mas Tri Adhianto membuat Rumah toleransi di wilayah Kecamatan Pondok Gede. Menurutnya, dengan adanya Rumah Toleransi di Pondokgede sebagai simbol kerukunan dan toleransi beragama di wilayah Pondokgede terlebih lagi Kota Bekasi sebagai kota yang Homogen dan heterogen.


Selain itu, Walikota Bekasi Mas Tri Adhianto dalam pidatonya memberikan tanggapan terkait hal tersebut.


"Tahun ini Kota Bekasi berhasil meraih peringkat ketiga kota toleransi se-Indonesia dari Setara Institute. Harapannya tahun depan Kota Bekasi meraih peringkat pertama sebagai kota toleransi Se-indonesia," jelasnya.


Ia juga berharap, dengan adanya rumah toleransi ini mampu membawa warna tersendiri dalam merawat dan menjaga perbedaan di antara kita.


Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut selain dihari Walikota Bekasi hadir Juga Ketua PCNU Kota Bekasi KH. Madinah, MWCNU, MUI, DMI, GP Ansor, Banser, Forum RW RT di wilayah Pondokgede, Tokoh dan lembaga dari seluruh agama yang ada di wilayah Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat.


Kota Bekasi Terbaru