• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 26 Februari 2024

Kota Bandung

SMP Azzainiyyah Terpilih Wakili Kabupaten Sukabumi Ikuti Expo BAN-SM Jawa Barat 2023

SMP Azzainiyyah Terpilih Wakili Kabupaten Sukabumi Ikuti Expo BAN-SM Jawa Barat 2023
SMP Azzainiyyah Terpilih Wakili Kabupaten Sukabumi Ikuti Expo BAN-SM Jawa Barat 2023
SMP Azzainiyyah Terpilih Wakili Kabupaten Sukabumi Ikuti Expo BAN-SM Jawa Barat 2023

Kota Bandung, NU Online Jabar
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pondok Pesantren Azzainiyyah mewakili Kabupaten Sukabumi mengikuti ekspose hasil akreditasi yang digelar oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) tingkat Jawa Barat yang bertempat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung pada Rabu (29/11/2023). Dalam kegiatan tersebut, SMP Azzainiyyah menampilkan sejumlah produk prakarya yang dihasilkan baik oleh santri, siswa dan juga dewan guru antara lain kostum pawai natura, cemilan santri, dan buku yang berjudul Merdeka Berakhlak Mulia dengan P5.


Tidak hanya itu, SMP Azzainiyyah juga menghadirkan sejumlah kitab kuning yang menjadi salah satu kajian pokok yang telah diterjemahkan oleh Pendiri Ponpes Azzainiyyah yakni Almaghfurlah KH Zezen Zaenal Abidin Bazul Asyhab diantaranya Kitab Sirrul Asror, Materi Kajian Al Hikam baik dalam bentuk hardfile dan rekaman.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Azzainiyyah Hj Iis Farida Zein menjelaskan, salah satu keunikan yang dimiliki oleh SMP Azzainiyyah yakni menjadi sekolah penggerak berbasis pesantren. Ia menyebut, hal tersebut yang menjadi pertimbangan untuk diminta hadir mewakili Kabupaten Sukabumi melalui jalur dinas.


"Alhamdulillah, kami mendapatkan nilai akreditasi yang baik dengan proses akreditasi yang baik, jujur, terpercaya dan amanah. Kami juga diminta untuk membawa tim hadroh saat visitasi beberapa waktu lalu dan kami menjalankan P5 yang menjadi projek pertama kami di sekolah penggerak," jelasnya.


Hj Iis Farida Zein juga menuturkan, SMP Azzainiyyah melaksanakan project penguatan profil pelajar pancasila dengan tema kearifan lokal 'pawai natura'.


"Jadi anak-anak membuat kostum sendiri dari mulai awal, kenapa harus menghargai kearifan dan budaya lokal dari sunda jadi ada 12 pertemuan sampai kepada pawai natura," tuturnya.


Setelah itu, sambung Hj Iis Farida Zein, refleksinya adalah gerakan menulis. Ia mengatakan bahwa anak-anak menulis apa yang mereka alami selama project ini hingga dijadikan buku dengan judul Merdeka Berakhlak Mulia dengan P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila).


"Dan bukunya sekarang sedang mengajukan proses ISBN. Didalamnya dari mulai kepala sekolah, guru dan 400 anak yang menulis buku ini dibagi kedalam 100 kelompok dengan masing-masing kelompok ada 4 orang. Jadi total ada 100 tulisan didalam buku ini," paparnya.


Perempuan yang juga merupakan putri ketiga dari Almaghfurlah KH Zezen Zaenal Abidin Bazul Asyhab tersebut berharap bisa terus mengharumkan nama Azzainiyyah dan Kabupaten Sukabumi di tingkat provinsi maupun nasional.


"Insya Allah kedepannya akan ada buku-buku lain mulai dari cerpen, puisi dan pantun. Tingkat literasi kita di rapot pendidikan itu 93%, jadi memang itu nilai tinggi dan itu masuk ke grade kuantil pertama yaitu 20% teratas se-Indonesia," tandasnya.


Sebagai informasi, kegiatan tersebut diikuti oleh 54 sekolah/madrasah terpilih dan terbaik di Jawa Barat yang mendapat akreditasi A.


Kota Bandung Terbaru