• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 28 Mei 2024

Keislaman

Menyoal Surat Yasin Yang Banyak Dibaca Malam Jum'at

Menyoal Surat Yasin Yang Banyak Dibaca Malam Jum'at
Yasin. (Foto: NU Online)
Yasin. (Foto: NU Online)

Assalamu’alaikum pak kiai mau bertanya, kenapa pada malam jumat hanya surah Yasin sajah yang dibaca? Terima kasih sebelumnya (orang Singaparna Tasikmalaya).


Jawaban: 

Wa'alaikumussalam wr wb. Sebetulnya bukan cuma surat Yasin yang dibaca, tetapi juga surat al-Kahfi (bagi yang sudah lancar Yaasiin, surat al-Kahfi dibaca di rumah masing-masing), juga surat Al-Ikhlas, al-Falaq,  an-Naas,  Al-Baqarah 1-5, 255 (ayat Kursy) 284-286.


Kalau Yasin menjadi diutamakan karena penjelasan Nabi Muhammad Saw sendiri yang menyatakan bahwa Yaasiin itu jantungnya al-Qur'an. Rasulullah Saw bersabda:


إن لكل شيء قلبا ، وقلب القران يس ، و من قرأ يس كتب الله له بقراءتها قراءة القرآن عشر مرات.


"Sesungguhnya segala sesuatu itu ada jantungnya. Dan jantungnya al-Qur'an itu Yaasiin. Barangsiapa membaca Yaasiin, maka ALLAH akan menuliskan bagi pembacanya seperti membaca (mengkhatamkan) Al-Qur'an sebanyak 10x." (HR. At-Tirmidzi dan ad-Darimy dari Anas ra).


Berarti Yaasiin itu menjadi bagian yang sangat penting dalam Al-Qur'an, sebagai jantung yang memegang peranan penting bagi kehidupan manusia.


Yaasiin dipilih oleh para ulama untuk mengajarkan orang-orang awam yang masih polos dan belum lancar baca Alquran agar membaca apa yang dirasakan mudah dulu dari Al-Qur'an. Sebagaimana suruhan al-Qur'an itu sendiri: "Bacalah yang termudah dari Al-Qur'an" (Q.S.al-Muzammil : 20).


Kalau mau jujur, jika dibandingkan antara membaca Yaasiin dan al-Kahfi, lebih mudah yang mana dulu? Pasti jawabannya lebih mudah membaca Yaasiin dulu karena lebih sedikit dan pendek ayat-ayatnya ketimbang surat al-Kahfi. 


Nanti jika sudah lancar dan senang membaca Yaasiin, barulah mereka dianjurkan untuk membaca surat al-Kahfi yang lebih panjang. Cara ini adalah strategi dakwah para ulama yang cerdas dan bijaksana. Tidak langsung memberatkan umat dengan menyuruh baca al-Kahfi. 


Dikhawatirkan kalau langsung ke situ banyak umat Islam yang masih lugu pada kapok, lari, dan enggan membaca Al-Qur’an yang panjang dan lama itu. Karena itulah akhirnya dipilihlah alternatif lain yang tidak kalah bagus Fadhilah (keutamaan)nya yaitu Yaasiin yang dinilai Nabi Saw sebagai jantungnya Al-Qur'an (qolbul Qur'an).


Di sisi lain, malam Jum'at adalah salah satu malam mustajab berdo'a. Karena itu sinkron (sesuai) sekali dengan Fadhilah surat Yaasiin. Apalagi banyak hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah Saw menganjurkan umatnya untuk membaca Yaasiin tiap malam, apalagi pada malam Jum'at, sudah tentu lebih istimewa lagi waktunya. 


Sebagaimana sabda berikut:


من قرأ يس في ليلة ابتغاء وجه الله غفر له


"Barangsiapa membaca Yaasiin pada suatu malam dengan mengharap ridho ALLAH, maka dosa-dosanya akan diampuni." (HR. ad-Darimy dan at-Thabrani dari Abu Hurairah ra).


Karena itulah para ulama yang sangat tinggi ilmunya lagi bijaksana menganjurkan umat Islam khususnya di Nusantara agar membiasakan membaca Yaasiin.


KH Cep Herry Syarifuddin, Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrahim Mekarsari,Cileungsi Bogor


Keislaman Terbaru