• logo nu online
Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 9 Desember 2023

Kabupaten Tasikmalaya

Ribuan Kader Hadiri Harlah ke-73, Lilik Ingatkan Kader Fatayat NU di Kabupaten Tasikmalaya Tingkatkan 3 Hal

Ribuan Kader Hadiri Harlah ke-73, Lilik Ingatkan Kader Fatayat NU di Kabupaten Tasikmalaya Tingkatkan 3 Hal
Ribuan Kader Hadiri Harlah ke-73, Lilik Ingatkan Kader Fatayat NU di Kabupaten Tasikmalaya Tingkatkan 3 Hal
Ribuan Kader Hadiri Harlah ke-73, Lilik Ingatkan Kader Fatayat NU di Kabupaten Tasikmalaya Tingkatkan 3 Hal

Tasikmalaya, NU Online Jabar
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tasikmalaya menggelar Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) Fatayat NU Ke-73 di Aula Pendopo Baru Gedung Bupati pada Ahad (16/07). Gelaran Harlah Ke-73 ini dihadiri oleh 3000 kader Fatayat NU yang berasal dari 39 PAC se-Kabupaten Tasikmalaya yang diisi dengan berbagai kegiatan yaitu pelantikan 5 lembaga Fatayat diantaranya LKP3A (Lembaga Konsultasi Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak), IHF (Ikatan Hafidzah Fatayat), Koperasi Yasmin, PIKER (Pusat Informasi Kesehatan Reproduksi), dan GARFA (Garda Fatayat). Selanjutnya, Launching Koperasi Yasmin dan pemberian hadiah bagi para pemenang Lomba Paduan Suara Fatayat.


Dalam sambutannya, Ketua Fatayat NU Kabupaten Tasikmalaya Lilik Latipah, menyampaikan bahwa Harlah ke-73 ini merupakan ajang bagi kader Fatayat untuk meningkatkan 3 hal.


Pertama menjalin silaturahmi. Ia mengajak kepada seluruh kader Fatayat NU di Kabupaten Tasikmalaya untuk bersama-sama tekadkan untuk senantiasa menjalin silaturahmi dengan berbagai kalangan.


Kedua, meningkatkan khidmat para kader Fatayat NU Kabupaten Tasikmalaya; 


"Kalau sekarang di daerahnya belum banyak pergerakan Fatayat, Ayo niatkan sejak Harlah hari ini kita tingkatkan kembali khidmat kita," tegasnya. 


Ketiga, penguatan Fatayat sebagai agen dakwah. "Mari kita sama-sama menjadi agen perubahan, agen peningkatan gemar berdakwah yang berhaluan Ahlus Sunnah wal Jama'ah", lanjutnya. 


Sebelum ditutup, Lilik juga mengajak seluruh kader Fatayat untuk berkontribusi dalam upaya pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. 


"Kita sama-sama mendukung, bersinergi dengan berbagai hal untuk mewujudkan untuk kontribusi Fatayat dalam memajukan lebih luasnya bangsa ini, khususnya memajukan program pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, khususnya di Kabupaten Tasikmalaya", pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam, menekankan bahwa kader Fatayat NU harus mengutamakan pendidikan bagi anak sebagai generasi penerus Bangsa. 


"Yang paling saya utamakan, yang paling saya titipkan, yang diutamakan adalah pendidikan terhadap putra-putri kita, yang selama ini dan mungkin sahabat-sahabat Fatayat juga merasakan sulitnya mendidik putra-putri kita, terutama pengaruh dari HP. Maka, pada kesempatan di Harlah ini, di samping meningkatkan kegiatan-kegiatan keorganisasian, kita semangat juga meningkatkan pendidikan anak cucu kita", tegasnya. 


Kiai Atam juga menekankan pentingnya pendidikan bagi perempuan. 


"Kebaikan-kebaikan kita yang sudah kita laksanakan wariskan kepada anak cucu kita. Jangan sesekali mewariskan kebodohan seperti ucapqn begini sahabat-sahabat semua 'Lah geus ulah sakola awewe mah, masing geus tingkat tinggi ge geus we ka dapur', itu ada bahasa demikian. Kami berharap tidak ada hal seperti itu, raihlah berbagai keilmuan", tambahnya. 


Selain itu, Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya H Cecep Nurul Yakin, mengucapkan selamat dan sukses atas Harlah Fatayat NU ke-73. Ia berharap Fatayat NU dapat lebih bekerja sama mensukseskan progam-progam pemerintah di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, terutama dalam upaya mengatasi stunting di Kabupaten Tasikmalaya. 


"Maka saya mohon sebagai ketua TPPS, peran aktif seluruh teteh-teteh di Fatayat NU ini, harap dibantu karena stunting itu bukan sekedar karena asupan makanan yang cukup, tetapi yang pasti di antaranya adalah kesehatan lingkungannya yang tidak terjaga, salah satu yang menjadi potensi stunting karena kesehatannya tidak baik itu adalah tentang jamban", terangnya.
Acara ini ditutup dengan pembagian hadiah Lomba Paduan Suara Fatayat oleh Dewan Pembina PC Fatayat NU Kabupaten Tasikmalaya Hj. Neng Ida Nurhalida


Sebagai informasi, kegiatan tersebut mengusung tema 'Menguat Bersama, Maju Bersama, untuk Perempuan dan Peradaban Dunia'. Sebelumnya, rangkaian kegiatan menyambut Harlah Fatayat Nu tersebut diisi dengan sejumlah acara seperti Dialog Kebangsaan Antar Umat Lintas Agama yang dilaksanakan pada 14 Mei hingga Lomba Paduan Suara Fatayat pada 11 Juni 2023 lalu. 


Kabupaten Tasikmalaya Terbaru