• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Kabupaten Sukabumi

Desa Pagelaran, Kali Ketiga Lakpesdam NU Sukabumi Gembleng Pengurus Sekolah Lapang Desa Inklusif

Desa Pagelaran, Kali Ketiga Lakpesdam NU Sukabumi Gembleng Pengurus Sekolah Lapang Desa Inklusif
Desa Pagelaran, Kali Ketiga Lakpesdam NU Sukabumi Gembleng Pengurus Sekolah Lapang Desa Inklusif
Desa Pagelaran, Kali Ketiga Lakpesdam NU Sukabumi Gembleng Pengurus Sekolah Lapang Desa Inklusif

Sukabumi, NU Online Jabar
Desa Pagelaran Kecamatan Purabaya menjadi Desa ketiga yang didampingi Lembaga Kajian dan Pengambagan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PCNU Kabupaten Sukabumi dalam menggelar acara Team Building dan Penggalian Gagasan, pada Selasa (19/09).


Hal itu dilakukan Lakpesdam PCNU untuk meningkatkan kapasitas Pengurus Sekolah Lapang desa inklusif di Kabupaten Sukabumi.


Ketua Lakpesdam PCNU Kabupaten Sukabumi, Ustadz Daden Sukendar mengatakan, selain penyamaan persepsi dan penggalian gagasan, kegiatan ini juga bertujuan memberikan penguatan akuntabilitas sosial kepada Pengurus Sekolah Lapang Desa Pagelaran.


"Kami melakukan ini untuk memberikan penguatan lebih jauh bagi akuntabilitas sosial di desa pagelaran ini, yang tentunya itu bagian dari sasaran, capaian desa inklusif". Ungkapnya.


Untuk diketahu, Desa Pagelaran Kecamatan Purabaya ini juga mendapat kepercayaan sebagai salah satu desa lnklusi di Sukabumi beserta 3 Desa lainnya. 


Kegiatan Team Building dan Penggalian Gagasan kali ini dibuka oleh Camat Purabaya, Mulyadi, yang didampingi oleh Ketua Lakpesdam PCNU Kabupaten Sukabumi, Daden Sukendar, Ketua BPD Desa Pagelaran, Abdul Azis, Sekdes Pagelaran, Ketua MUI dan Para Pengurus Sekolah Lapang. 


Dalam sambutannya, Mulyadi mangatakan ucapan terimakasih seraya besyukur kegiatan tersebut dapat dilaksanakan oleh Lakpesdam PCNU Kabupaten Sukabumi. 


"Saya sangat bersyukur dan berterimakasih atas dilaksanakan kegiatan Team Building dan Penggalian Gagasan Sekolah Lapang Desa Pagelaran, semoga kegiatan ini bisa meningkatkan sumber daya manusia di desa Pagelaran dan bisa menjadikan pemerataan pembangunan di kecamatan Purabaya," harapnya


Hal senada juga diungkapkan ketua BPD Desa Pagelaran, Abdul Azis, pihaknya memberikan apresiasi kepada Lakpesdam PCNU Kabupaten Sukabumi. "Saya mengapresiasi sekali terhadap kegiatan yg dibawakan oleh Lakpesdam PCNU Kabupaten Sukabumi, mudah-mudahan program ini bisa terlaksana sesuai yang ditargetkan," supportnya.


Hadir Sebagai Narasumber, Kabid Penataan Desa dan Kesatuan masyarakat hukum adat, Syarif mengatakan hari ini ketiga kalinya dari 4 desa inklusi di Kabupaten Sukabumi dilaksanakan Team Building dan Penggalian Gagasan Sekolah Lapang.


Syarif berharap, Desa Pagelaran dalam perencanaannya betul-betul melibatkan semua pihak. Karena menurutnya kegiatan yang berkualitas akan berdampak bagi masyarakat khususnya bagi Desa Pagelaran sehingga memperkuat akuntabilitas sosial. 


"Kedepan dengan perencanaan yang betul-betul hasilnya pun pasti berkualitas, sehingga di akhir kegiatan secara akuntabilitas bisa dipertanggung jawabkan, baik kepada pemerintah maupun kepada Masyarakat," tegasnya.


Sementara, untuk kepesertaa, Sekretaris Sekolah Lapang menyebut kegiatan tersebut diikuti para pengurus sekolah lapang dan terdiri dari berbagai unsur. Mulai dari kelompok perempuan, forum anak, kaum disabilitas, tokoh pemuda, tokoh agama dan unsur lainnya.


"Peserta yang mengikuti kegiatan ini terlihat riang gembira, antusias dan penuh harapan," katanya  


"Alhamdulilah kegiatan sekolah lapang pada hari ini di Desa Pagelaran sungguh luar biasa, sangat bermanfaat untuk kita semua. Harapannya semoga kegiatan Sekolah Lapang ini  terserap oleh masyarakat dan desa pagelaran lebih maju dan berkembang, potensi yang ada bisa digali sesuai harapan," uangkap Titin.


Terakhir, Peserta dari unsur Pemuda Disabilitas, Rizki (20), dan dari Forum anak, Alia (16), mereka berpendapat bahwa kegiatan tersebut bermanfaat, punya harapan untuk lebih baik ke depan. 


"Semoga kegiatan ini menjadi jalan untuk kedepannya bisa lebih baik dengan acara ini," kata Rizki, penuh harap, yang di amini oleh Alia dari Forum anak. 


"Menurut saya kegiatan hari ini bermanfaat untuk perkembangan desa yang lebih maju dan desa inklusi, dan harapannya kegiatan ini bisa berkelanjutan sampai tahun-tahun yang akan datang". Pungkasnya.


Pewarta: Amus Mustaqim
 


Kabupaten Sukabumi Terbaru